ANALISIS CELEBRITY ENDORSER (TASYA FARASYA) TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC (Studi Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan Bogor Periode 2018-2020)

Penulis

  • Yulia Rahail Universitas Pakuan
  • Oktori Kiswati Zaini Universitas Pakuan
  • Hasrul Universitas Pakuan

Abstrak

ABSTRAK
Tingginya jumlah perusahaan kosmetik dan skincare membuat persaingan terjadi pada industri tersebut semakin kompetitif, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat seperti promosi untuk menumbuhkan minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Celebrity Endorse terhadap minat beli produk kecantikkan Somethinc. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Rank Spearman. Jenis penelitian adalah penelitian kausal/eksplanatori. Jenis data yang diteliti adalah data kausal yang merupakan data primer. Data primer diperoleh peneliti langsung dari unit analisis yang diteliti yaitu Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan. Hasil penelitian ini, mengungkapkan bahwa hubungan Celebrity Endorse terhadap Minat Beli lemah tetapi setelah diketahui uji korelasi rank spearman terbukti adanya hubungan positif antara Celebrity Endorse terhadap Minat Beli.

ABSTRACT
The high number of cosmetics and skincare companies makes competition in the industry more competitive, so the right marketing strategy such as promotion is needed to foster buying interest. This study aims to analyze the relationship between Celebrity Endorse and buying interest in Somethinc beauty products. The data analysis method uses descriptive statistical analysis and Rank Spearman correlation analysis. The type of research is causal / explanatory research. The type of data studied is causal data which is primary data. Primary data is obtained by researchers directly from the unit of analysis studied, namely Pakuan University students. The results of this study reveal that the relationship between Celebrity Endorse and Purchase Interest is weak, but after knowing the spearman rank correlation test, it is proven that there is a positive relationship between Celebrity Endorse and Purchase Interest.

Referensi

Abdullah, Roosdiana (2020) Pengaruh Current Ratio (Cr), Debt Equity Ratio(Der), Dan Ukuran Perusahaan (Size) Terhadap Return On Equity (Roe). Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektorkonsumsi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015 - 2018. Jakarta.

Abdurrohman, Hanif. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap Aktiva Produktif pada Unit Usaha Syariah Periode 2015-2018. Skripsi. Banten: Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Adnan, Rizky. (2022). Perbandingan Brand Image Dengan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander Menggunakan Wilcoxon Signed Test. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Afassy, Reviona. D dan Aqida Nuril S. (2021). Pengaruh Konten Review Beauty Vlogger Tasya Farasya Terhadap Brand Image Kosmetik Madame Gie. Jurnal e- Proceedings Of Management, Vol.8 , no.6. Hal. 8998.

Alim, Atus Sholikah dan Endah Budiarti. (2021). Peran Iklan Televisi dan Celebrity Endorsement POND|S Terhadap Purchase Intention dalam Jurnal EkonomiManajemen Volume 6, Nomor 1. Surabaya: Universitas. 17 Agustus 1945 Surabaya.

Amalia, Silvia Fitri (2020) E-SERVICE QUALITY DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA LAZADA INDONESIA. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

Anggraeni, Rima. Dwi. dkk, (2018). Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger Terhadap Minat beli Make Up Brand Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.60,no.1.

Astuti, Sekar M, Ambar Lukitaningsih, dan Lusia Tria H. (2021). Analisis Pengaruh Celebrity Endorse, Beauty Vlogger, Worf Of Mouth, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Emina (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta) dalam Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 9, No. 1. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Cahyowulan, Shinta A. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Pada Minat Beli Produk WRANGLER Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Christofer, Kezia Mariana (2021) Pengaruh Social Media Marketing di Instagram @somethincofficial Terhadap Minat Beli Konsumen. Skripsi. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara. Skripsi.

Compas. Top 5 Brand Perawatan Wajah di E- commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia. Diakses pada 15 Januari 2023. Dari https://compas.co.id/article/top-5-brand- perawatan-wajah.

Desi, Puspitasari dan Novi Marlena. (2021). Beauty Vlogger Sebagai Moderasi Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol.9, no.3. hal.1340

Dhaefina, Zahra, Merza Nur AR, Primansyah, Vicky F. Sanjaya. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, Dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan LEMONILO Pada Media Sosial Instagram dalamJurnal Manajemen Volume 7 Nomor 1. Lampung: Universitas Islam Negeri Lampung.

Fathanul, Vichqi (2022) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian BTS Meal McDonald's. (Studi Kasus Di Wilayah Cakung Jakarta Timur). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Febriansyah, Kurnia. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen di Kopi Studio 24 Malang. Skripsi. Jakarta: Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Fiestasari, Sarah. P., dkk, (2021). Pengaruh Total Quality Management, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, Vol.2 No.2.

Gita (2020) Pengaruh Insentif Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. WARINGIN AGRO JAYA OKI. Skripsi. Palembang. UIN Raden Fatah Palembang

Hafisa, Dinda Yulia. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “WARDAH” (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Hermawan, Dedi Joko. (2021). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Online (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Platform Shopee). ECOBUSS, JurnalIlmu Ekonomi dan Bisnis, Vol.9, No. 2, Probolinggo: Universitas Panca Marga.

Kartika (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online: Studi Pada Pelanggan GO-JEK Di Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang. Skripsi. Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kawatak, Ivana. T. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger Dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Kecantikan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Khansa, Dafash. A. Pamungkas Indra. (2021). Komunikasi yang Dilakukan Kedai Kopi Kong Djie Sebagai Pesan Pariwisata Dalam Perspektif Konsumen, Jurnal eProceedings Of Management. Vol. 8 No.3.

Kresna. (2022). Faktor-Faktor Pemilihan Celebrity Endorsee (skripsi tesis dan disertasi). https://konsultasiskripsi.com/2022/06/30/faktor-faktor-pemilihan-celebrity-endorser-skripsi-tesis-dan-disertasi, diakses pada tanggal 17 Oktober2022 pukul 02.53.

Lestari, Putri Irianti (2022) Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Kepercayaan Merek dan Loyalitas Merek Pada Pengguna Produk Skincare Somethinc di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Hayam Wuruk Perbanas.

Lestari, Septia D. dan Asnawi Asdinardju. (2017). Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Iklan Shampo Pantene Versi Ralin Shah) dalam Jurnal Manajemen Bisnis Volume 6, No 1. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lusiani, Ayu. (2022). Ragam Jenis Endorser dalam Pemasaran Digital. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi- posts/ragam-jenis-endorser-dalam- pemasaran-digital/, diakses pada tanggal 20 September 2022 pukul 18.54

Novianti, Tita Ajeng. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik PIXY dalam Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 1, Nomor 1. Surabaya: Universitas Wijaya Kusuma.

Nurlaela, Eka et al. (2019). Analisis Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Lingkungan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor dalam JOM: Jurnal Online Mahasiswa Bidang Manajemen Volume 4, No 2. Bogor: Universitas Pakuan

Pahruroji, Cecep. (2018) Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Puslitbang Sumber Daya Air Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.

Pancabudi, Perpustakaan. (2021). Minat beli menurut para ahli. https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_fi le/penelitian/19759_2_BAB_II.pdf, diakses pada tanggal 20 September 2022 pukul 19.00.

Pratiwiningsih, Ika. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi pada Konsumen Honda Vario di CV. Sumber Makmur Abadi). Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.d

Purwanto, Yunita dan Wilma Laura Sahetapy. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Endorser TErhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare SOMETHINC dalam AGORA, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Ramadhani, Ira dan Prameswara Samofa Nadya. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup dalam Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rikki, Alex. (Eds). (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Rohmah, Nur Azizatur. (2018) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Bliter. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Sahli, Arjil Rahman. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan Goride Jakarta. Skripsi Thesis. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

Salsabillah, Moh. Fadlurahman, Nobelson Syarief, Heni Nastiti. (2021) Pengaruh Celebrity Endorsement, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk BIARNYAMAN dalam Prosiding Business Management, Economic, and Accounting National Seminar. Volume 2. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Saparudin, S (2017) Pengaruh Nilai Pasar Dan Laba Per Lembar Saham Terhadap Lama Periode Menahan Saham Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2011-2014). Undergraduate thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Setyaningsih, Eni. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Deavhijab Fashion. Jurnal. LPPM Universitas Pamulang.

StyleDoubler. Case Somethinc. Brand Somethinc. Diakses pada 15 Januari 2023. Dari https://www.styledoubler.com/id/case/so methinc/

Sulastri Tuti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen, Vol. 1 No.1.

Syahrie, Sutan. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.

Triatmoko, F. Xaverius Bambang. (2019) Pengaruh Endorsement Melalui Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Objek Brand ERIGO). Skripsi. Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE).

Wardani, Novia. K. dan Vinda Maya Setianingrum. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Tasya Farasya Terhadap Keputusan Pembelian Makeup. Jurnal Commercium, Volume. 02, No.02. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Winarni, Khoirun Ningsih. (2019). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Kedai Jajanan Sikunin Seblak Dan Asinan Tulungagung.

Yulinar, May. (2020). Hubungan Antara Celebrity Endorser Di Instagram Dengan Minat Beli Fashion Online Di Politeknik Negeri Pariwisata Palembang (Studi Pada Followers Vira Nada Wulandari). Skripsi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Zuhri, M. Ali T. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Di Bengkel Resmi SUZUKI INDOSUN Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Diterbitkan

2024-01-29