PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN E-WALLET DANA DI KOTA BOGOR
Keywords:
E-Service Quality, Kepuasan Pelanggan, E-WalletAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara E-Service Quality dengan kepuasan pelanggan E-Wallet DANA di Kota Bogor. Penelitian menggunakan jenis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan data primer dan sekunder, pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus slovin. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data menunjukkan E-service Quality termasuk kedalam kategori baik, yang dimana kualitis pelayanan E-Wallet DANA memiliki E-Service Quality yang baik. Pada Kepuasan Pelanggan termasuk kedalam kategori baik, yang dimana penggunaan E-Wallet DANA menciptakan kepuasan bagi pengguna di Kota Bogor. Pada hasil koefisien determinasi terdapat pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan dan dari hasil signifikansi terbukti berpengaruh positif antara variabel E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan, karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 15,4 > 1,98422, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
References
Akromi. (2023, Mei 8). Saldo DANA Hilang, Customer service Tidak Bisa Membantu. Retrieved from Detiknews: News.detik.com (https://news.detik.com/suara-pembaca/d-6709588/saldo-dana-
Annur, C. M. (2022, Desember). Survei KIC:Dompet Digital Jadi Metode Pembayaran yang Paling Banyak Digunakan di Aplikasi Digital. Retrieved from databoks.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed_en/152858/survei-kic-dompet-digital-jadi-metode-pembayaran-yang-paling-banyak-digunakan-di-aplikasi-digital
BPS. (2021). Jumlah Penduduk Kota Bogor Berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin. Retrieved from BPS: https://bogorkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/MzEjMg==/penduduk-kota-bogor-berdasarkan-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html
Farradia, Y. (2021). The Business To Business Marketing Strategies For The Package Delivery Service Companies To Increase The Volume Of Delivery. International Journal of Science, Technology & Management, 2(5), 1684-1690.
Gandhy, A., Chang, M., & Rahmi, S. (2019). Service Quality and Customer Satisfaction in the Apiculture-Based Agritourism. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 15(2), 153–165. https://doi.org/10.33830/jom.v15i2.734.2019
Gandhy, A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Dunkin Donuts Gading Serpong. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.30988/jmil.v2i2.34
Gandhy, A., & Hairuddin, J. A. (2018). Analysis of Promotion and Product Differentiation of Jukajo on Consumer Purchase Decision. Binus Business Review, 9(1), 9. https://doi.org/10.21512/bbr.v9i1.3901
Ghozali, I. (2019). Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasya, R. (2020, Agustus 7). 10 E-Wallet yang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022. Retrieved from GoodStats: https://goodstats.id/article/ini-10-e-wallet-yang-paling-sering-dipakai-masyarakat-indonesia-M4TA4
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Ipsos. (2020, Februari). Penelitian Ipsos: Evaluasi Dompet Digital Menuju Keberlanjutan Bisnis. Retrieved from Ipsos.com: https://www.ipsos.com/sites/default/files/ct/news/documents/2020-02/ipsos_-_press_release_-_indonesian.pdf
Juhria, A., Meinitasari, N., Fauzi, F. I., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan di Aplikasi E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen, Vol. 13 (1), 55-62.
Saragih, M. G. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalti Melalui E-Satisfaction (Studi Pada Pelanggan Toko Online Shopee di Kota Medan). Jurnal Mantik, 190-195.
Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif-Teori Dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarto. (2020). Aplikasi Komputer Bisnis dan Pengolahan Data. Metro-Lampung: CV. Laduny Alifatama.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MANAJEMEN PRATAMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.