ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MENENTUKAN PERILAKU KONSUMEN SMARTPHONE XIAOMI (STUDI PADA MAHASISWA/I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAKUAN TAHUN 2022)
Abstract
ABSTRAK
Banyak perangkat yang dapat mendukung kegiatan komunikasi seperti smartphone. Perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam membeli smartphone serta banyaknya perusahaan sejenis menuntut perusahaan smartphone untuk mampu menganalisi faktor–faktor dari perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sebuah smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis faktor–faktor yang menentukan perilaku konsumen smartphone Xiaomi pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang di kuantitatif kan dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis deskriptif, bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi adalah faktor – faktor yang menentukan keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Dan faktor paling dominan Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas perilaku konsumen dalam keputusan pembelian smartphone Xiaomi adalah faktor pribadi dengan nilai sebesar 70,03%.
ABSTRACT
Many devices can support communication activities, such as smartphones. The different needs and desires in purchasing smartphones, and the number of similar companies, require smartphone companies to be able to analyse the factors of consumer behaviour in purchasing decisions for a smartphone. This study aims to analyse the factors that determine the consumer behaviour of Xiaomi smartphones among students of the Faculty of Economics and Business, Pakuan University. The method used in this research is a qualitative method that is quantified with an exploratory descriptive type of research. The selection of respondents was done through purposive sampling method with a total of 100 student respondents from the Faculty of Economics and Business, Pakuan University based on the calculation of the Slovin formula. Data collection was done through questionnaires and descriptive analysis methods. The results showed that based on the descriptive analysis, cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors are factors that determine the decision to purchase Xiaomi smartphones for students of the Faculty of Economics and Business, Pakuan University. And the most dominant factor for students of the Faculty of Economics and Business, University of Consumer Behaviour in purchasing decisions for Xiaomi smartphones is personal factors with a value of 70.03%.
References
Amalia, S. & Syahril, M. (2017). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Proses Keputusan Pembelian Ponsel. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen.
Amalia, Sri, H, & Megawati, S. (2017). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Proses Keputusan Pembelian Ponsel. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manejemen Universitas Pakuan (Studi Kasus Mahasiswa SI Prodi Manajemen Universitas Pakuan Bogor).
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Asauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. (Edisi ke-2. Jakarta: Raja Grafindo Rajawali Press.
Corporate, IDC. (2022, Maret 22). Indonesia's Smartphone Market Expected to Grow 8% in 2022 Despite Supply-Side Hindrances, IDC Reports. Retrieved from www.idc.com: https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP48973022
Corporate, IDC. (2022, January 27). Smartphone Shipments Declined in the Fourth Quarter But 2021 Was Still a Growth Year with a 5.7% Increase in Shipments, According to IDC. Retrieved from www.idc.com: https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prUS48830822
Darmanto, & Wardaya. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Databooks. (2020, July 1). Daftar Negara Pengguna Smartphone Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Retrieved from https://databoooks.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/01/daftar-negara-penggunasmartphone-terbanyak-indonesia-urutan-berapa
Diantanti, Novita Putri; Izah, Aqidatul;. (2021). Pengaruh Product Attribute, Brand Image, dan Lifestyle Terhadap Purchase Decision Smartphone Xiaomi (Studi Kuantitatif pada Mahasiswa Universitas Islam Balitar). Jurnal Translitera, Vol. 10, No. 2, 91-98.
Faizal, Y. (2022). telat sempro. bogor: unpak.
Firmansyah, & Se. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Jakarta: Penerbit Qiara Media.
IDN Times. (2020, September 18). Tak Cuma Murah, Ini 10 Kelebihan dan Alasan Kamu Perlu Punya HP Xiaomi. Retrieved from https://www.idntimes.com: https://www.idntimes.com/tech/gadget/izza-namira-1/alasan-menggunakan- hp-Xiaomi?page=all
Kotler, & Keller. (2018). Marketing Management 12e. France: Edition Pearson Education.
Kotler, and Amstrong. (2016). Principles Of Marketing. Sixteenth Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management 12e. France: Edition Pearson Education.
Kriswangsa Bagus. (2017, Desember 19). www.Financialku.com. Retrieved from Kisah Sukses Lei Jun, Pendiri Xiaomi Inc: https://www.finansialku.com/kisah- sukses-lei-jun-Xiaomi/
Laksamana. (2017). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smaerphone. www.eprint.mercuana-jogja.ac.id.
Maghfiroh, Kuni. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 34-44.
Newsroom, Canalys. (2022, January 28). Global smartphone market returns to pre- COVID-19 level in 2021 despite supply issues. Retrieved from www.canalys.com: https://www.canalys.com/newsroom/global-smartphone- market-2021
Pusparisa, Yosepha;. (2020, September 15). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna- smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025
Pusparisa, Yosepha;. (2021, July 7). 10 Negara dengan Pengguna Smartphone Terbanyak (2020). Retrieved from https://databooks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/01/daftar-negara- pengguna-smartphone-terbanyak-indonesia-urutan-berapa
Rismawati. (2017). Analisis Factor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Alat Elektronik pada CV Hamasa. (Skripsi). Bogor: Universitas Pakuan.
Saekoko, Nyoko, Fanggidae;. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi (StudI Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi DI Universitas Nusa Cendana. Journal Of Management (SME’s) Vol. 11, No.1, 49-64.
Saputri, Isro Desiyanti;. (2018). Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Xiaomi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah. PALEMBANG: UIN Raden Fatah Palembang.
Siti Rohmah, Ferdisar, & Nizam. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilkau Konsumen Dalam Membeli Smartphone Iphone (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen Universitas Pakuan.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Andi.
Sugiyono, D. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D Edisi Ke-13. Bandung: Alfabet.
Sunarto. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter, Vol V, No 1.
Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.
Swastha, & Handoko. (2016). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran : Prinsip & Penerapan. Jakarta: Andi. Wahyuni, S. (2018). Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Pembelian Smartphone Merek Samsung
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.