PENGARUH GREEN MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP DI KOTA BOGOR
Keywords:
Green marketing, citra merek, keputusan pembelianAbstract
Era globalisasi masa kini telah membawa pengaruh signifikan terhadap banyak aspek kehidupan di dunia termasuk Indonesia. Salah satu dampak negatif dari adanya globalisasi adalah penumpukan sampah, hal ini membuat perusahaan khususnya di bidang kosmetik terdorong untuk menerapkan konsep green marketing dalam menjual produknya. Dibantu dengan citra merek positif yang menjadi faktor penting dalam menarik minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik non probability sampling, dengan jumlah populasi 100 responden di Kota Bogor yang pernah membeli produk The Body Shop. Pengumpulan data melalui kuesioner serta dianalisis melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil green marketing dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan green marketing dan citra merek yang kuat dan positif dapat meningkatkan daya saing produk kecantikan oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk memperkuat strategi pemasaran hijau, termasuk aspek harga, distribusi, dan promosi yang ramah lingkungan.
References
Aguspriyani, Y., Polindi, M., Diesy Fitriani, P., Taufik Darmansyah, T., & Mehta Setiadi, R. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 35–48. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/14937
Asih, R. (2023). Strategi Green Marketing ala The Body Shop yang Unik dan Cerdas. Selalu Bisa Relate ke Konsumen. 19 Agustus. https://www.hipwee.com/sukses/strategi-marketing-the-body-shop/
Bring Back Our Bottle The Body Shop. (2023). https://www.thebodyshop.co.id/blog/bring-back-our- bottles
Damayanti, E., & Nuvriasari, A. (2019). Pengaruh Green Packaging, Green Advertising, Green Perceived Value, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Body Shop. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(2), 385–404. http: jim.unsyiah.ac.id/ek
Dangelico, R.M, & Vocalelli. (2021). Green Marketing: An Analysis of definions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263–1279.
Ditahardiyani, P., & Aulia, R. (2023). Factors Affecting Consumer Purchasing Decisions for Green Rattan Craft Products. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), 11(01),
https://doi.org/10.24843/jma.2023.v11.i01.p19
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 128–136.
Manik, Oktaviani, Sari, Widiyawati, Pidola, Susiyanto, Suryawadani, Zulfikar, & Febrianty. (2022).
Manajemen Pemasaran Kontemporer (Teori dan Praktis) (In M.T Ram). CV Widina Media Utama.
Putra, Y. R., & Nurlinda, R. (2023). Pengaruh Green Product , Green Brand Image , Dan Environment Knowledge Terhadap Green Purchase. Journal of Applied in Business Management and Accounting, 02, 1–21.
Sari, N. A., & Indriyani, S. (2020). Pengaruh Syariah Marketing, Kualitas Pelayanan, Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen pada Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Bandar Lampung. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 1(1), 81–92.
Sollu, Y., & Hendratmoko, H. (2024). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sensatia Botanicals Di Jakarta. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 10616–10627. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.9628
Talopod, R. V, Tampi, J. R. ., & Mukukan, D. D. . (2020). Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Skincare dan Kosmetik the Body Shop Manado Town Square. Jurnal Manajemen, 1(3), 251–255.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.