PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Tahun Angkatan 2020-2023)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying pada konsumen Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas pakuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal dengan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling pada konsumen Shopee mahasiswa Feb Universitas pakuan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah promosi penjualan didapatkan hasil rata-rata sebesar 79%. Motivasi belanja hedonis hasil rata-rata sebesar 76%. Impulse buying hasil rata-rata sebesar 74%. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien sebesar 0.317 yang berarti promosi penjualan berkontribusi positif terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee dan diperoleh nilai koefisien 0.561 yang berarti motivasi belanja hedonis berkontribusi positif terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Dengan hasil R Square sebesar 0,697 artinya promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis berpengaruh sebesar 69,7% terhadap impulse buying dan 30,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-COMMERCE Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayayasan Kita Menulis.
Apjii.or.id. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Apjii.or.Id. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia- tembus-215-juta-orang
Barhatov, V., Campa, A., & Pletnev, D. (2018). The Impact of Internet-Technologies Development on Small Business Success in Russia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 238, 552–561. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2018.04.035
Gani, A. G. (2018). PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET SERTA DAMPAKNYA.
https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jsi/article/view/49 Herman, M. P. D., 2017. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Cakra Ilmu
Infobanknews.com. (2023). Ekonomi Tak Pasti, 67% Masyarakat Malah Antusias Belanja Online. Infobanknews.Com. https://infobanknews.com/ekonomi-tak-pasti-67- masyarakat-malah-antusias-sambut-promosi-belanja-online/
Jain, T. (2021). Factor affecting impulse buying behavior. International Journal of Computer Science &…. mail2. ptccircle. co. in. http://mail2. ptccircle. co. in/journals/March2021 (Volume42Issue01) _IJCSMSMarch2021_4_6_TJ. pdf.
Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861
kompas.com. (2023). Pengunjung E-commerce Menyusut, gara-gara Konsumen Tahan Belanja atau Efek Inflasi? Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2023/03/31/070000126/pengunjung-e-commerce- menyusut-gara-gara-konsumen-tahan-belanja-atau-efek?page=all
Kotler, P. & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). England: Pearson. Kumparan.com. (2022). Profil Perusahaan Shopee sebagai Aplikasi Belanja Online Asia.
Kumparan.Com.
Kumparan.com. (2023). Banyak Pemain Baru, Shopee Tetap Pimpin Pasar E-Commerce. Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparanbisnis/banyak-pemain-baru-shopee- tetap-pimpin-pasar-e-commerce-20fs99WWdkW
Money.kompas.com. (2021). Riset: Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online Dibanding Offline. Money.Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2021/10/22/211000926/riset-- masyarakat-lebih-banyak-belanja-online-dibanding-offline
Mutiah, I., Parawansa, D., & Munir, A. R. (2018). The effect of visual merchandising, product display dan store atmosphere on impulse buying behavior (Case study on Matahari department store in Makassar city). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(2), 88-103.
Ozen, H., & Engizek, N. (2014). Shopping online without thinking: being emotional or rational?. Asia pacific journal of marketing and logistics, 26(1), 78-93.
Salim, M., Oktaviany, P., & Hayu, R. S. (2021). Study of Online Impulsive Buying in Indonesia During Covid-19 Pandemic Outbreak. Asia Pacific Management and Business Application, 010(02), 125–136. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2021.010.02.1
Sawitri, D. R. (2018). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use- case-a7e576e1b6bf
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia.
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144-154.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.