https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/issue/feedJURNAL MANAJEMEN PRATAMA2024-08-31T08:32:17+00:00Redaksi Namararedaksi.namara@unpak.ac.idOpen Journal Systems<p>Namara (Jurnal Manajemen Pratama) is a peer-reviewed based academic journal. The journal is published four times a year (February, May, August, and November) by Economics and Business Faculty, Pakuan University.</p>https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/208PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PERTAMINA EP CEPU (PEPC) REGIONAL 4 FUNGSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)2024-08-31T05:18:36+00:00Abchy Sundaryabchy.sndry@gmail.comHermanabchy.sndry@gmail.comErik Irawan Sugandaabchy.sndry@gmail.com<p><br>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Pertamina Ep Cepu (PEPC) Regional 4 Fungsi Supply chain management Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penggunaan kuesioner. Dalam penelitian ini, terdapat 40 sampel yang digunakan, dengan menggunakan metode penarikan sampel yaitu sensus. Analisis dilakukan menggunakan metode deskriptif serta regresi linier sederhana., dengan syarat pengujiannya yakni uji hipotesis di mana ada beberapa tahap pengujian yakni uji parsial (t) serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara stres kerja dan kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000, lebih kecil dari nilai ambang signifikansi 0,05. Hubungan fungsional antara stres kerja dan kinerja karyawan dapat dijelaskan dengan persamaan Y = 72,423 + (-0,525)X yg artinya stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, dengan koefisien regresi r = (-0,525) dan koefisien determinasi R Square = 0,348, yang menunjukkan bahwa 34,8% variasi dalam kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variasi dalam stres kerja. Sisanya, sebesar 65,2%, dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan nilai t_hitung sebesar 4,507 yang lebih besar dari t_tabel yakni 2,026 atau nilai t_(hitung )> t_(tabel ) sebesar 4,507 > 2,026 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Oleh karena itu, temuan ini mengindikasikan bahwa stres kerja sebagai variabel independen memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja karyawan sebagai variabel dependen.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/175PENGARUH KEPRIBADIAN PADA KOMITMEN TERHADAP ORGANISASI MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING2024-08-31T03:19:10+00:00Syahla Putri Febriasyahlaputrifebria@gmail.comNancy Yusnitasyahlaputrifebria@gmail.comTutus Rullysyahlaputrifebria@gmail.com<p>Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepribadian pada komitmen terhadap organisasi melalui motivasi kerja pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bogor. Berdasarkan hasil pra survei masih ada pegawai yang kurang memiliki komitmen terhadap organisasi didukung observasi terhadap kepribadian pegawai yang beranekaragam yang dapat menyebabkan terjadinya konflik dan kurang semangat dalam bekerja terkait motivasi kerja yang dampaknya dapat menurunkan komitmen. Metode penelitian yang digunakan explanatory survey, data yang digunakan data primer dan sekunder. Analisis data penelitian menggunakan PLS-SEM dengan software SMARTPLS 4. Hasil penelitian ini kepribadian terhadap motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan, kepribadian pada komitmen terhadap organisasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, motivasi kerja pada komitmen terhadap organisasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, kepribadian pada komitmen terhadap organisasi melalui motivasi kerja berpengaruh positif tetapi tidak signifikan.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/178ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KEDELAI DENGAN METODE (EOQ) ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA UMKM TAHU RWJ (RUKUN WARGI JAYA) PAK HAJI KOMON2024-08-31T03:27:13+00:00Surya Hafidz Rivaisuryahafidzloji@gmail.comTutus Rullysuryahafidzloji@gmail.comEka Patrasuryahafidzloji@gmail.com<p>Pengendalian persediaan bahan baku adalah proses pengelolaan stok bahan baku yang digunakan dalam produksi untuk memastikan ketersediaan yang cukup tanpa mengalami kelebihan atau kekurangan. Rukun Wargi Jaya merupakan sebuah usaha kecil yang bergerak di bidang produksi makanan yaitu tahu. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengendalian persediaan bahan baku kedelai pada UMKM tahu RWJ (Rukun Wargi Jaya), dengan menggunakan Economic Order Quantity (EOQ) pada UMKM tahu RWJ (Rukun Wargi Jaya), yang kemudian akan dilakukan perbandingan pengendalian persediaan bahan baku menurut kebijakan pemilik dan menurut Economic Order Quantiy (EOQ) pada UMKM tahu RWJ (Rukun Wargi Jaya). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif eksploratif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang bersifat kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu metode Economic Order Quantity (EOQ). Pengendalian persediaan bahan baku kedelai dengan menggunakan EOQ bisa diterapkan, karena mengoptimalkan pengendalian persediaan bahan baku dan mengefisiensikan pengeluaran biaya sebesar Rp.9.709.128, memberikan pembelian yang lebih ekonomis sebesar 45.154 kg, dengan frekuensi pembelian yang dilakukan dalam setahun sebanyak 8 kali. Kemudian untuk persediaan pengaman (safety stock) sebesar 557 kg, dan titik pemesanan ulang (reorder point) dilakukan disaat jumlah persediaan sebesar 1.566 Kg.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/181PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN TERHADAP ORGANISASI PADA KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI2024-08-31T03:30:57+00:00Salsa Bila Putrisbilaputrii085@gmail.comEdy Sudaryantosbilaputrii085@gmail.comAngka Priatnasbilaputrii085@gmail.com<p>Sumber daya manusia berperan penting dalam kelangsungan aktivitas dan pencapaian tujuan suatu organisasi. Keberhasilan dari suatu organisasi ditentukan oleh sumber daya yang baik, kinerja dapat meningkatkan kualitas individu maupun suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Disiplin Kerja dan komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi pada jabatan fungsional umum (PNS). Penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan jumlah 32 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pada penelitian ini hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai secara signifikan dan terdapat pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai secara signifikan. Adapun hasil uji F menunjukkan bahwa kedua variabel yaitu disiplin kerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/187PENGARUH BRAND IMAGE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE LOKAL INDONESIA (PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PAKUAN)2024-08-31T03:34:35+00:00Reni Nurul Muslimahreninm219@gmail.comSri Hartinireninm219@gmail.comAditya Prima Yudhareninm219@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh brand image dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk skincare lokal indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan metode penelitian explanatory research. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuesioner kepada 100 Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor yang pernah membeli produk skincare lokal indonesia dan mengakses media sosial. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pengujian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa brand image dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare lokal indonesia. Fokus pada inovasi produk dengan kualitas yang unggul serta meningkatkan strategi pemasaran yang efektif dapat menciptakan opini dan persepsi positif antara konsumen sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian produk skincare lokal indonesia.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/190PENGARUH FASILITAS DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT ASTRA DAIHATSU BOGOR PAJAJARAN2024-08-31T03:38:14+00:00Noval Fauzifauzinvlll23@gmail.comKetut Sunartafauzinvlll23@gmail.comEdy Sudaryantofauzinvlll23@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada atau tidak adanya pengaruh antara fasilitas dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Astra Daihatsu Bogor Pajajaran. Selain itu, penelitian ini juga ditunjukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Fasilitas dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Astra Daihatsu Bogor Pajajaran secara parsial dan simultan. Penelitian ini dengan jenis penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan jumlah 52 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan rata-rata tanggapan responden variabel fasilitas kerja pada kategori baik, motivasi kerja yaitu pada kategori baik dan kinerja karyawan pada kategori sangat baik. Adapun hasil uji t menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh fasilitas kerja terhadap kinerja karyawan secara signifikan dan terdapat terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan secara signifikan. Adapun hasil uji F terdapat pengaruh fasilitas dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan secara signifikan. Adapun hasil uji koefesien determinasi yaitu nilai koefesien R square (R2) sebesar 0,146 atau 14,6%. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa pengaruh variabel fasilitas dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 0,146 atau 14,6% dan 85,4% dipengaruhi oleh variabel lain.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/196PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pakuan)2024-08-31T04:25:16+00:00Nisa Majdu Arimiariminisamajdu@gmail.comTowaf Totok Irawanariminisamajdu@gmail.comAditya Prima Yudhaariminisamajdu@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Universitas Pakuan. Saat ini, internet dan mahasiswa yang berada di kalangan gen Z tidak dapat dipisahkan. Melalui pemanfaatannya, mahasiswa tidak hanya menggunakan internet dalam proses pembelajaran saja, tetapi juga dalam melakukan belanja di e-commerce untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Kemudahan yang ditawarkan seperti layanan dan fasilitas yang tersedia menjadi pilihan yang sesuai dengan kehidupan mahasiswa saat ini sehingga mendorong mahasiswa melakukan pembelian secara terus menerus tanpa mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhannya, mereka melakukan belanja di e-commerce berdasarkan hasrat keinginannya. Penelitian ini merupakan penelitilian kuantitatif menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan metode penelitian eksplanatori. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuesioner kepada 100 Mahasiswa aktif S1 Universitas Pakuan pengguna e-commerce dan melakukan belanja minimal 3x dengan metode penarikan sampel purposive sampling menggunakan perhitungan rumus Lemeshow. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji-t), dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Universitas Pakuan.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/199PENGARUH PROGRAM REWARD DAN PROGRAM PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN TETAP PT LAMTEH PERKEBUNAN CIWANGI DI SUKABUMI2024-08-31T04:40:27+00:00Maharanimaharani23.mm@gmail.comEdy Sudaryantomaharani23.mm@gmail.comAngka Priatnamaharani23.mm@gmail.com<p>Penelitian ini ditunjukan untuk menjelaskan apakah terdapat Pengaruh Program Reward dan Program Punishment terhadap Kinerja Karyawan Tetap PT. Lamteh Perkebunan Ciwangi di Sukabumi. Selain itu, penelitian ini juga ditunjukan untuk mengetahui dan menganalisis Program Reward, Program Punishment dan Kinerja Karyawan Tetap PT. Lamteh Perkebunan Ciwangi di Sukabumi. Penelitian mengenai Pengaruh Program Reward dan Program Punishment terhadap Kinerja Karyawan Tetap PT. Lamteh Perkebunan Ciwangi di Sukabumi. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Lamteh, Sukabumi. Jl. Bhayangkara No.1, Gunung Puyuh, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43123. Jenis Penelitian ini yaitu Deskriptif dan Kuantitatif menggunakan data primer dan data sekunder dengan metode kuisioner dibagikan kepada 62 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis koefisien determinan diolah dengan menggunakan SPSS 26 Program Reward dan Program Punishment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan tetap PT. Lamteh Perkebunan Ciwangi, hasil penelitian yaitu nilai F hitung sebesar 62,371 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05. Hal ini memberikan makna yaitu terdapat pengaruh atau hubungan yang signifikan antara Program Reward dan Program Punishment berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan tetap PT. Lamteh Perkebunan Ciwangi, dengan nilai adjusted R square sebesar 0,668.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/202HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI DINAS PEMUDA DAN OLAH RAGA KOTA BOGOR2024-08-31T05:13:02+00:00Nisrina Alilahnisrinaalilah57@gmail.comTowaf Totok Irawannisrinaalilah57@gmail.comDewi Taurusyantinisrinaalilah57@gmail.com<p>Lingkungan kerja dinilai memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai. Suatu lingkungan kerja yang baik akan menimbulkan rasa nyaman pada pegawainya, dengan rasa nyaman dan senang akan mempengaruhi seseorang untuk lebih giat, tekun dan bersemangat dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi lingkungan kerja Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bogor. (2) Untuk mengetahui kinerja pegawai Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bogor. (3) Untuk mengetahui hubungan lingkungan kerja dengan kinerja pegawai Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bogor. Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian explanatory survei. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disebar kepada 31 responden dengan perhitungan skala likert. Hasil analisis Rank Spearman didapatkan nilai r sebesar 0,195 yang menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara lingkungan kerja dengan kinerja pegawai Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bogor berada pada kategori sangat rendah. Hasil analisis Koefisien Determinasi diperoleh nilai R Square = 3,8%, artinya variabel Lingkungan Kerja memiliki kontribusi pengaruh terhadap variabel Kinerja Pegawai sebesar 3,8% sedangkan sisanya 96,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan nilai thitung < ttabel yaitu 1,071 < 1,69913 artinya lingkungan kerja tidak berhubungan positif dengan kinerja pegawai, maka terima Ho dan tolak Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif antara lingkungan kerja (X) dengan kinerja pegawai (Y) Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bogor.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/205ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (STUDI PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAKUAN)2024-08-31T05:16:07+00:00Ziecho Rey RNziechorey98@gmail.comAditya Prima Yudhaziechorey98@gmail.comTowaf Totok Irawanziechorey98@gmail.com<p>Indonesia merupakan negara dengan potensi pasar smartphone yang cukup besar. Dengan besarnya peluang dalam industri ini secara otomatis juga diikuti dengan persaingan yang sangat ketat antar kompetitor. Promosi dan brand image merupakan hal yang penting karena dapat menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam memilih merek smartphone sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada mahasiswa manajemen Fakultas Ekonosmi dan Bisnis Universitas Pakuan. Penelitian ini terdiri dari promosi dan brand image sebagai variabel independen dengan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan dengan sampel sebanyak 96 responden yang didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan rumus slovin. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hubungan antara promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi baik secara parsial ataupun simultan.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/211PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON EQUITY (ROE), TOTAL ASSETS TURNOVER (TATO) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012024-08-31T07:48:10+00:00Deaneu Salsabiladeaneusalsabila@gmail.comBambang Wahyudionodeaneusalsabila@gmail.comNugroho Arimuljartodeaneusalsabila@gmail.com<p>Sektor industri food and beverages merupakan salah satu sektor usaha yang terus mengalami pertumbuhan. Sektor industri food and beverages tetap menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan industri pengolahan non-migas serta menjadi sektor penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional. Untuk menentukan saham yang akan dipilih dengan baik, investor memerlukan berbagai macam informasi dari rasio keuangan yang tersedia di laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Total Assets Turn Over (TATO) dan Earning Per Share (EPS) terhadap return saham pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/214PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIRO SDM DAN UMUM KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA JAKARTA2024-08-31T08:09:42+00:00Bryllee Samuelbrylleesamuel30@gmail.comNancy Yusnitabrylleesamuel30@gmail.comTowaf Totok Irawanbrylleesamuel30@gmail.com<p>Keberhasilan suatu organisasi atau instansi dipengaruhi oleh kinerja pegawainya, suatu organisasi atau instansi akan berusaha untuk meningkatkan kinerja pegawainya dengan harapan agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai. Faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja salah satunya adalah faktor kemampuan individu, yang di dalamnya terdapat kecerdasan emosional. Dengan begitu untuk meningkatkan kinerja pegawai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti budaya organisasi dan kecerdasan emosional. Penelitian ini dilakukan pada Biro SDM dan Umum Komisi Pengawas Persaingan Usaha Jakarta untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai Biro SDM dan Umum KPPU Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh, di mana teknik pemilihan sampel apabila semua anggota populasi dijadikan sampel. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 74 pegawai. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, regresi linear berganda, dan hipotesis. Penelitian ini secara parsial menunjukkan hasil budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pegawai. Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pegawai. Secara simultan, budaya organisasi dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/217PENGARUH ROA, NPM, DER, INFLASI, SUKU BUNGA, DAN NILAI KURS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019 -20222024-08-31T08:11:44+00:00Den Sutra Deta Perkasa Densutradetaperkasa@gmail.comEdi JatmikaDensutradetaperkasa@gmail.comChaerudin ManafDensutradetaperkasa@gmail.com<p>Berkembangnya perekonomian di dunia yang disertai dengan peningkatan teknologi informasi yang banyak memberikan kemudahan dalam bisnis, khususnya untuk mengoptimalkan produktivitas asetnya. Optimalisasi aset salah satunya dilakukan dengan cara investasi di pasar modal. Agar investasi di pasar modal dapat memberikan hasil yang optimal, perlu memperhatikan faktor-faktor fundamental dalam informasi keuangan perusahaan yang dapat mempengaruhi harga saham. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Pengaruh Return on aset, Net profit margin, Debt to Equity, Inflasi, Suku Bunga, Dan Nilai Kurs terhadap Harga Saham pada Perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verivikatif Dengan metode penelitian yaitu Explanatory survey. Dari hasil penelitian diketahui bahwa return on asset berkorelasi positif tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Pada hasil uji t variabel Net profit margin menunjukkan bahwa net profit margin berkorelasi positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Pada hasil uji t variabel Debt to equity menunjukkan bahwa Debt to equity berkorelasi positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Pada hasil uji t variabel Inflasi menunjukkan bahwa inflasi berkorelasi positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Pada hasil uji t variabel Suku Bunga menunjukkan bahwa suku bunga berkorelasi negatif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Pada hasil uji t variabel Nilai Kurs menunjukkan bahwa Nilai kurs berkorelasi positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dan pada uji f (simultan) pada variabel Pengaruh Return on aset, Net profit margin, Debt to Equity, Inflasi, Suku Bunga, Dan Nilai Kurs Menunjukkan bahwa secara bersama-sama (Simultan) berpengaruh terhadap harga saham.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/220Evaluasi Tata Letak Fasilitas Apartemen SQ Residence Menggunakan Metode Activity Relationship Chart2024-08-31T08:13:59+00:00Khaerudin Amadan Nasrullahnasrullahamadan@gmail.comSri Hidajati Ramdaninasrullahamadan@gmail.comEka Patranasrullahamadan@gmail.com<p><br>Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi perancangan tata letak fasilitas unit standard pada apartemen South Quarter Residence setelah menggunakan activity relationship chart. Di dunia industri konstruksi terutama di Indonesia memiliki daya saing tinggi yang mampu bertahan dan berkembang. Kondisi tersebut dapat terpenuhi melalui peningkatan produktivitas dengan cara pengoptimasian dalam sektor konstruksi, dalam perancangan tata letak fasilitas unit, terdapat salah satu aspek yang penting untuk sebuah perusahaan konstruksi pada CV. Agung Putra dalam hal merancang tata letak fasilitas unit, yaitu aspek ergonomi. Metode penelitian yang digunakan metode Activity Relationship Chart (ARC), jenis data yang diteliti adalah jenis data kualitatif dan kuantitatif, yang merupakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian analisis menggunakan metode ARC (Activity Relationship Chart) menunjukkan bahwa pada layout awal apartemen SQ Residence terdapat ruang belajar yang memiliki minim pencahayaan dari out view apartment, Maka ruang belajar tersebut dirubah fungsi menjadi ruang penyimpanan pemilik unit. Dan juga terdapat ada perubahan pada kamar tidur, yaitu ruang belajar pada tata letak fasilitas awal unit standard ini lebih membuat nyaman pemilik.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/223EVALUASI PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN LT.20 APARTEMEN SQ RESIDENCE DENGAN OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA2024-08-31T08:16:14+00:00Gita Cahyanigcahyanirhmdn22@gmail.comSri Hidajati Ramdanigcahyanirhmdn22@gmail.comEka Patragcahyanirhmdn22@gmail.com<p>Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi hasil penjadwalan proyek pembangunan LT.20 pada proyek apartemen SQ Residence. CV. Agung Putra dalam membuat penjadwalan proyek mengalami keterlambatan penyelesaian pekerjaan yang terjadi di lapangan dari segi waktu dan biaya. Metode penelitian yang digunakan metode Project Evaluation Review Technique (PERT), Critical Path Method (CPM) dan Simulasi Monte Carlo, jenis data yang diteliti adalah jenis data kuantitatif, yang merupakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini diketahui pada metode PERT nilai distribusi peluang atau nilai z dipercepat menjadi 255 hari dengan peluang sebesar (49.99% ) atau (50% ) . Pada metode CPM diperoleh percepatan aktivitas dengan waktu percepatan yang paling optimal yaitu total waktu 255 hari dan menghabiskan biaya sebesar Rp7.120.091.750.00., sedangkan kegiatan sebelum pekerjaan dipercepat yaitu dengan total waktu 285 hari waktu normal dengan biaya sebesar Rp6.908.669.000. Pada metode simulasi monte carlo diperoleh hasil percepatan waktu rata-rata yaitu selama 282 hari dengan biaya percepatan sebesar Rp7,254,102,450. Dan nilai percepatan dengan nilai probabilitas keyakinan penyelesaian proyek yang mencapai sebesar 80%.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/226PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Tahun Angkatan 2020-2023)2024-08-31T08:30:07+00:00Afni Widya Pratiwi afniwidia64@gmail.comEka patra afniwidia64@gmail.comHasrulafniwidia64@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying pada konsumen Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas pakuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal dengan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling pada konsumen Shopee mahasiswa Feb Universitas pakuan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah promosi penjualan didapatkan hasil rata-rata sebesar 79%. Motivasi belanja hedonis hasil rata-rata sebesar 76%. Impulse buying hasil rata-rata sebesar 74%. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien sebesar 0.317 yang berarti promosi penjualan berkontribusi positif terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee dan diperoleh nilai koefisien 0.561 yang berarti motivasi belanja hedonis berkontribusi positif terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Dengan hasil R Square sebesar 0,697 artinya promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis berpengaruh sebesar 69,7% terhadap impulse buying dan 30,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/article/view/229ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG MELAKUKAN IPO TAHUN 2021 DAN TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA 2024-08-31T08:32:17+00:00Vyra Nurul Hasnivyrahasny@gmail.comNugroho Arimuljartovyrahasny@gmail.comChaerudin Manafvyrahasny@gmail.com<p>Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah IPO pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang melakukan IPO tahun 2021. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan rasio keuangan yang terdiri dari CR, QR, DAR, DER, TATO, ITO, NPM, ROA, dan ROE. Kondisi ekonomi menunjukkan banyaknya persaingan perusahaan yang bergerak di bidang sub sektor makanan dan minuman ini, sehingga perusahaan memutuskan untuk go public. Salah satu proses go pubic adalah IPO yaitu proses penawaran saham perdana yang dilakukan oleh perusahaan kepada publik, kemudian saham tersebut dijual kepada masyarakat dengan IPO diharapkan dapat memberikan sinergi yang baik bagi usahanya, sehingga mendapatkan dana tambahan dari masyarakat dalam perkembangan bisnisnya. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis statistik deskriptif, Uji Normalitas, Uji Paired Sampel T-Test, dan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata rasio setelah IPO pada rasio CR, QR, ITO, dan NPM, dan adanya penurunan rata-rata rasio sesudah IPO pada rasio DAR, DER, TATO, ROA, dan ROE. Hasil uji beda paired sampel t-test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio DAR, uji beda wilcoxon signed rank test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, QR, DER dan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada rasio TATO, ITO, NPM, ROA, dan ROE.</p>2024-08-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024