PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MEDICAL CHECK UP TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSUD CIAWI

Penulis

  • Nur Aqiilah Universitas Pakuan
  • Salmah Universitas Pakuan
  • Erik Irawan Suganda Universitas Pakuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD Ciawi. Hasil dari penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien pada Medical Check up di RSUD Ciawi. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan dengan koefisien regresi kualitas pelayanan bernilai positif sebesar 0,107, artinya setiap kualitas pelayanan bernilai 1, maka kepuasan pasien sebesar 0,107. Dan berdasarkan hasil koefisien determinasi besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0,481 dan R Square sebesar 0,231. Hal ini berarti 23,1% variabel kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel kepuasan kerja, dan sisanya sebesar 79,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung (2,903) > t tabel (2,052), yang berarti dapat disimpulkan H₀ ditolak dan Ha diterima. Artinya kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa uji hipotesis pada penelitian ini diterima, yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pasien pada medical check up di RSUD Ciawi.

Referensi

Ainun Amalia, Lia Amalia. ”Pelngaruh Kualitas Pellayanan Telrhadap Kelpuasan Pasieln RS Jantung dan Pelmbuluh Darah Harapan Kita”, 2020.

Amstrong, Kottlelr. (1997), “Prinsip-Prinsip Pelmasaran”, Elrlangga, Jakarta.

Basu, Swastha DH., Irawan. 2012. Manajelmeln Pelmasaran Modelrn. Libelrty Offselt: Yogyakarta.

Belti Hariani. "Analisis Kelpuasan Pasieln Telrhadap Pellayanan Kelselhatan di Rumah Sakit Umum daelrah Lahat”. 2021.

Delwi Mustika, Kurnia Sari. “Kelpuasan Pasieln Telrhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018”. 2019

Elngkus. “Pelngaruh Kualitas Pellayanan Telrhadap Kelpuasan Pasieln di Puskelsmas Cibitung Kabupateln Sukabumi”. 2019

Fandy Tjiptono & Chandra G. 2016. Selrvicel, Quality dan Satisfaction (4 eld.), CV ANDI OFFSElT, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariatel Delngan Program SPSS (Eldisi Kellima). Selmarang: Badan Pelnelrbit Undip.

Hawkin dan Lonnely dikutip dalam Tjiptono, 2014. Indikator Kelpuasaan Konsumeln, Jakarta: Binarupa Aksara

Indrasari, Melithiana. 2019. Pelmasaran Dan Kelpuasan Pellanggan. Surabaya: unitomo prelss

Irawan, Handi. 2003. 10 Prinsip Kelpuasan Pellanggan. Jakarta: PT Ellelx Meldia Komputindo

Kosnan, W. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4).

Kotlelr, Philip And Gary Armstrong. 2016. Principlels Of Markelting. (Eldisi 16). Nelw Jelrsely: Prelnticel-Hall Publisheld.

Kotlelr, Philip and Kelvin Lanel Kelllelr. 2016. Markelting Managelmelnt, 15th Eldition.Nelw Jelrsely: Pelarson Elducation,Inc.

Mukarom, Zaelnal dan Muhibudin Wijaya Laksana. Manajelmeln Pellayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Seltia, 2015.

Mullins J.W. & Walkelr O.C. 2013. Markelting Managelmelnt: A Stratelgic Delcisions- Making Approach, Elighth Eldition. Pelnelrbit Connelct Lelarn Succeld, Singaporel.

Muninjaya, Gdel AA, 2011, Manajelmeln Mutu Pellayanan Kelselhatan, Jakarta, ElGC

Sangadji, Eltta Mamang; Sopiah. 2013. Pelrilaku Konsumeln. Yogyakarta. Andi.

Sari, T. P. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(1), 53-59.

Sugiyono. 2017. Meltodel Pelnellitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Pelnelrbit CV. Alfabelta.

Wilhellmina Kosnan. “Pelngaruh Kualitas Pellayanan Telrhadap Kelpuasan Pasieln Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daelrah Kabupateln Maraukel”. 2019

Winario, M., Yulianti, J., Khairi, R., & Mairiza, D. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik HMC Kandis. Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 2(2), 51-62.

Zelithhaml, Valariel A., Bitnelr, Mary Jo & Grelmlelr, Dwaynel D. 2013. Selrvicel Markelting: intelgrating customelr focus across thel firm. Sixth Eldition. Pelnelrbit: Connelct Lelarn Succeld. Singaporel

Zulian Yamit. 2013. Manajelmeln Kuliatias Produk dan Jasa. Pelnelrbit: ElKONISIA, Yogyakarta

Diterbitkan

2024-11-30