HUBUNGAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MIXUE ICE CREAM & TEA PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK (STUDI PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAKUAN)

Penulis

  • Afani Salsa Rosdillah Universitas Pakuan
  • Towaf Totok Irawan Universitas Pakuan
  • Aditya Prima Yudha Universitas Pakuan

Kata Kunci:

electronic word of mouth; media sosial; mixue; keputusan pembelian; tiktok

Abstrak

ABSTRAK

Salah satu perusahaan (F&B) yang menggunakan promosi media sosial Tiktok adalah Mixue Ice Cream & Tea. Hal ini membuat bisnis dapat mengembangkan usahanya dengan memasarkan produk secara luas. Oleh karena itu, review memberi pelanggan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi daripada komunikasi seperti iklan. Keputusan pembelian konsumen yang tinggi dapat menghasilkan peningkatan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan electronic word of mouth dengan keputusan pembelian Mixue Ice Cream & Tea Pada Pengguna Media Sosial Tiktok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif kuantitatif dengan responden Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan yang menggunakan media sosial Tiktok. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari variabel electronic word of mouth (X) dengan variabel keputusan pembelian (Y). Berdasarkan perhitungan hasil SPSS 25, bahwa diperoleh korelasinya sebesar r = 0,644 yang berarti adanya hubungan Kuat. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian koefisien determinasi keseluruhan dapat diketahui bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 41,47% yang artinya electronic word of mouth berkontribusi sebesar 41,47% dan sisanya sebesar 58,53% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

ABSTRACT

One of the companies (F&B) that uses Tiktok social media promotion is Mixue Ice Cream & Tea. This allows businesses to develop their business by marketing products widely. Therefore, reviews provide customers with a higher level of trust than communications such as advertising. High consumer purchasing decisions can result in increased sales volume. This research aims to determine the relationship between electronic word of mouth and the decision to purchase Mixue Ice Cream & Tea among Tiktok Social Media Users. This research uses quantitative associative research with respondents from Management Students, Faculty of Economics and Business, Pakuan University who use social media Tiktok. The selection of respondents was carried out using a purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the Slovin formula calculation. Data collection was carried out through questionnaires and the data analysis method used descriptive analysis. The research results show that, from the electronic word of mouth variable (X) to the purchasing decision variable (Y). Based on the SPSS 25 calculation results, the correlation obtained is r = 0.644, which means there is a strong relationship. So Ha is accepted and Ho is rejected. Then the overall coefficient of determination can be seen that the coefficient of determination value is 41.47%, which means that electronic word of mouth contributes 41.47% and the remaining 58.53% is caused by other factors not examined in this research.

Referensi

Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisis untuk perancangan strategi pemasaran.

Ali Hasan, S. E. (2015). Tourism marketing. Media Pressindo.

Anggitasari, A. M. (2016). Pengaruh Ewom Terhadap Brand Image Dan Brand Trust, Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Smartphone Iphone (Studi Pada Masyarakat Di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(3), 266-275.

Anisa, S. N. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue. S1 Thesis Universitas Pendidikan Indonesia.

Arif, R. M. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Image dan Brand Switching. Universitas Brawijaya, Fakultas Ilmu Administrasi, Jurusan Administrasi Bisnis, Konsentrasi Pemasaran, Malang.

Assauri, S. (2018). Manajemen bisnis pemasaran.

Azizatul, N. I. (2023). Benarkah Mixue Berekspansi Tapi McFlurry Tetap Di Hati? https://getradius.id/news/98743-benarkah-mixue-berekspansi-tapi-mcflurry-tetap-di- hati

Chan, Y. Y., & Ngai, E. W. (2011). Conceptualising electronic word of mouth activity: An input- process-output perspective. Marketing Intelligence & Planning, 29(5), 488-516.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Dian, D. W. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Image dan Purchase Intention Pada Produk Starbucks (Studi Pada Pengguna Instagram di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. 5(2).

Dian, F. D. N. A., & Mistih, H. (2023). Keputusan Pembelian Ditinjau dari Kualitas Produk, Harga, dan Promosi

Elizabeth Brookbank. (2023). Bagaimana Gen Z menggunakan TikTok untuk mencari informasi dan apa artinya bagi literasi informasi. https://infolit-org-uk.translate.goog/how-gen-z- is-using-tiktok-to-search-for-information-and-what-it-means-for-information- literacy/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Elvira Ismagilova, et. Al. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context (a State of the Art Analysis and Future Directions.

Fajrina, N., & Diffa, Z. (2023). 10 Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2023. https://www.pramborsfm.com/amp/tech/10-media-sosial-yang-paling-banyak- digunakan-di-indonesia-2023

Farhan, A. A., & Budi, S. (2021). PENGARUH KONTEN MARKETING @HAUS.INDONESIA DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Goyette, Isabelle et. Al. (2010). “e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-

Services Context,” Canadian Journal of Administrative Sciences. 27:9 5–23.

Hasanah, A. N. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Viral Marketing, Halal Certification, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mixue Ice Cream & Tea (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Heri, S. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran, (Jember: CV Pustaka Abadi, 2020), Hlm 2

Iip, M.A. (2023). Goodstats, Makin Menggurita, Mixue Miliki gerai Terbanyak ke-5 di Dunia. Ilham Wahyudi, I. (2023). PEMANFAATAN FITUR REELS SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

PEMASARAN PADA AKUN INSTAGRAM@ MIXUESUDIRMANPKU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

I, M. Y. (2016). MODUL REGRESI SEDERHANA JURUSAN FISIKA, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS UDAYANA.

Influencer Marketing. (2023). [EDISI 2023] Statistik Pengguna Media Sosial Indonesia Terbaru. https://www.blog.slice.id/blog/edisi-2023-statistik-pengguna-media-sosial-terbaru

Ir. Sofyan, S,M.M. (2023). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. (n.p.): Bumi Aksara.

Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. (2019). (n.p.): SAH MEDIA. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Menejemen Pemasaran. Penerbit: Erlanggga. Jakarta.

Kusuma, A. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MEDIA SOSIAL TWITTER

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Laili, E. F. (2023). Pengaruh product quality dan e-Wom terhadap repurchase intention melalui brand image pada produk Mixue di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Laili, E. F., & Vania, A. (2023). Fenomena brand Mixue yang dipengaruhi oleh beberapa faktor penting di kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(4), 908-920.

Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 1(2), 75-82.

Lin, C., Wu, Y. S., & Chen, J. C. V. (2013, May). Electronic word-of-mouth: The moderating roles of product involvement and brand image. In Proceedings of 2013 international conference on technology innovation and industrial management (Vol. 2947).

Mahardhika, G. H. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Positive Online Customer Review, Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Mixue (Kasus Untuk Pengguna Tiktok) (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Melati, A., Rizky, W. R., & Sabrina, R. U. (2023). ANALYSIS OF "MIXUE" COMMUNICATION NETWORK AS ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) USING SOCIAL NETWORK

ANALYSIS. Journal of Digital Media Communication, 2(1).

Meredith Turits. (2023). https://www.bbc.com/indonesia/articles/c1exwzv9lwko

Miguna, A. & Agni, R. A, (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran, Hlm 2.

MTI Insight. (2023). Mixue : Kok Bisa Viral Banget?. https://medium.com/@mtiinsights/mixue- kok-bisa-viral-banget-b10be2c8d210

Muchlisin, R. (2023). Kajian Pustaka Electronic Word Of Mouth (E-WOM). https://www.kajianpustaka.com/2023/02/electronic-word-of-mouth-ewom.html

M. Soleh. M., & Adnan. D. S,. & Anggi. Z. S., & Itatul. M., Erica. P. R. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce

Mustajab, R. (2023). Data Restoran Cepat Saji dengan Gerai Terbanyak 2021, Ada Mixue. Data Indonesia.Id.https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/data-restoran-cepat-saji- dengan-gerai terbanyak-2021-ada-mixue.

Najla., Yani, D., & Erwin P. (2022). Strategi Mempertahankan Usaha Franchise Pada Minuman Mixue di Indonesia. Journal of Business Finance and Economic (JBFE), 3(2), 6906-6914.

Noviandini, N. P. T., & Yasa, N. N. K. (2021). Peran Brand Trust Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation, Udayana University).

PEMASARAN KONTEMPORER. (2021). (n.p.): Penerbit Widina.

Pramana, K.M., & Mayasari, N. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mixue di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata.

Prasetyo, B. P. W. (2020). Pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian online pada platform Shopee dimoderasi oleh price discount: Studi pada konsumen Shopee (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

PRASTIKA, MARIA OKTAVIA DWI (2023) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI SARANA

MENYAMPAIKAN PRODUCT KNOWLEDGE (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk OMO! Healthy Snack). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator TikTok. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e- Journal), 8(1), 48-60.

Rahmawati, E. D., & Untarini, N. (2023). Pengaruh E-WOM, Information Quality, dan Brand Trust Terhadap Purchase Intention (Studi pada Calon Konsumen Mixue). Jurnal Ilmu Manajemen, 565-575.

Residona, A. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap purchase intention produk skincare dengan brand image sebagai variabel mediasi (Studi pada pengakses akun Instagram@ wardahbeauty di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Ridwan, M. (2023). Data Indonesia.id, Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 4,62% pada Kuartal II/2023.https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri- makanan-dan-minuman-tumbuh-462-pada-kuartal-ii2023

Rizky, T. (2022). Opini Warganet Terhadap Ice Cream Mixue yang Tengah Viral. https://analysis.netray.id/opini-warganet-soal-ice-cream-viral-mixue/

Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126-8137.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian.

Saidah, P. S. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Sandi, F. (2023). Perjalanan Mixue, Viral Hingga Dijuluki Pencari Ruko Kosong. CNBC

Indonesia.https://www.cnbcindonesia.com/news/20230214072717-4- 413528/perjalanan-mixue-viral-hingga-dijuluki-pencari-ruko-kosong.

Setiadi, Y. W. (2021). Pengaruh marketing online dan e-service quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains. Vol, 2(1).

Suharto, Finny Ligery & Putri Swastika (2020) Viral Marketing, E-wom And Customer Loyality, International Journal of Management (IJM) Volume 11, Issue 8, August 2020,

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan.

Jakarta: Penerbit Liberty.

Teddy, T. (2021). E-Marketing (Pemasaran Jasa & Pemasaran Digital).

Turmidzi, A. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN UMUM KEUANGAN PRIBADI, PINJAMAN, DAN

ASURANSI TERHADAP INVESTASI (Studi Pada Operator Bagian Asam Fosfat III A PT Petrokimia Gresik) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Diterbitkan

2024-12-12

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama