PENGARUH E – SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR
Keywords:
E-Service Quality, Sales Promotion, Keputusan PembelianAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh e-service quality dan sales promotion terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuisioner kepada 100 Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor yang menjadi pengguna Marketplace Shopee. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa e-service quality dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Kualitas layanan elektronik yang tinggi dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan promosi penjualan dapat mendorong perilaku pembelian. Dengan memanfaatkan kedua strategi ini secara efektif, perusahaan dapat memengaruhi preferensi pembelian konsumen dan meningkatkan tingkat penjualan.
Abstract
The purpose of this study is to analyze the effect of e-service quality and sales promotion on purchasing decisions on marketplace shopee. This research is quantitative research using associative research. In this research, the data obtained came from distributing questionnaires to 100 Pakuan Bogor University students who were Shopee Marketplace users. The analytical method used is descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test, and coefficient of determination. The results of the research show that based on the tests that have been carried out, the results obtained are that e-service quality and sales promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions on the Shopee marketplace. A high quality of electronic service can increase consumer confidence and sales promotion can encourage purchasing behavior. By effectively leveraging these two strategies, companies can influence consumer buying preferences and increase sales rates.
References
Billyarta, G. & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman DIY. Jurnal Optimal. Vol.18 (1). https://jurnal.stieieu.ac.id/index.php/opt/article/download/193/144
Farradia, Y. (2021). The Business To Business Marketing Strategies For The Package Delivery Service Companies To Increase The Volume Of Delivery. International Journal of Science, Technology & Management, 2(5), 1684-1690.
Firmansyah, M. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama
Gandhy, A., Chang, M., & Rahmi, S. (2019). Service Quality and Customer Satisfaction in the Apiculture-Based Agritourism. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 15(2), 153–165. https://doi.org/10.33830/jom.v15i2.734.2019.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 cet. Semarang: Badan Penerbit UNDIP Semarang.
Hardini, S. Y. P. K., Pakpahan R., Gandhy A., Yoheanto C. (2024). The purchase decision and marketing mix of Wall’s Matcha ice cream. AIP Conference Proceedings. (3048) 1. https://doi.org/10.1063/5.0201989
Kotler, P & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: Khalifah Mediatama.
Laudon, Kenneth C.dan Laudon, Jane P. 2012. Management Information Systems- Managing The Digital Firm.12th Edition. Pearson Prentice Hall.
Luthfi, A. (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Belanja Online Zalora. Jurnal Manajemen. Vol.11 No.2. https://www.neliti.com/id/publications/471932/pengaruh-sales-promotion-dan-service-quality-terhadap-keputusan-pembelian-pada-s
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Moderenisasi Global). Bandung: CV Alfabeta.
Mardhiyyah, K., & Fadilla, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Tokopedia. YUME : Journal of Management. Vol. 4 (1). https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/1224/758
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.
Ningsih, H. & Cahya, S. (2022). Pengaruh Sales Promotion Dan Online Customer Experiences Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Feb Unesa). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JTPN). Vol 10 No 1 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/46719/39431
Ramadan, F., et al. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Vol.23 No.3. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/9446
Riyadi, S., et al. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image terhadap E-Satisfaction dan E-Loyalty pada Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Keuangan. Vol.4 No.1. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/31810
Similarweb. (2023). https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/e-commerce-and-shopping/marketplace/
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tjiptono, F. & Diana, A. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Andi Offset. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MANAJEMEN PRATAMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.