PENGARUH BRAND IMAGE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE LOKAL INDONESIA (PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PAKUAN)

Authors

  • Reni Nurul Muslimah Universitas Pakuan
  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Aditya Prima Yudha Universitas Pakuan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh brand image dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk skincare lokal indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan metode penelitian explanatory research. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuesioner kepada 100 Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor yang pernah membeli produk skincare lokal indonesia dan mengakses media sosial. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pengujian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa brand image dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare lokal indonesia. Fokus pada inovasi produk dengan kualitas yang unggul serta meningkatkan strategi pemasaran yang efektif dapat menciptakan opini dan persepsi positif antara konsumen sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian produk skincare lokal indonesia.

References

(2022). 10 Brand Skincare Terlaris di E-commerce : https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/

(2022). 5 Brand Skincare Indonesia dan Popularitasnya di E-commerce: https://compas.co.id/article/brand-skincare-indonesia/

Amron. (2018). The Influence of Brand Image, Design, Feature, and Price on Purchasing Decision of. . The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention : https://core.ac.uk/download/pdf/186375516.pdf

Data (Tren) Pengguna Internet dan Media Sosial di Indonesia Tahun 2023 . (2023). Diakses pada laman web: andi.link: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Dharmmesta, Basu Swastha dan Hani Handoko. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis dan Perilaku Konsumen. . Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kementrian Perdagangan RI. (2024, Januari Kamis, 04). Reviu Perdagangan 2023 dan Outlook Perdagangan 2024, Mendag Zulkifli Hasan: Tetap Optimistis dan Waspada Sambut Tahun Baru. Diakses pada laman: kemendag.go.id: https://www.kemendag.go.id/berita/siaran-pers/reviu-perdagangan-2023-dan-outlook-perdagangan-2024-mendag-zulkifli-hasan-tetap-optimistis-dan-waspada-sambut-tahun-baru

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. . (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. . Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Sujarweni, V. Wiratna. . (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. . Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukoco, Sampir Andrean. (2018). New Komunikasi Pemasaran Teori dan Aplikasinya. Jember: Pustaka Abadi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Published

31-08-2024