ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (STUDI PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAKUAN)

Authors

  • Ziecho Rey RN Universitas Pakuan
  • Aditya Prima Yudha Universitas Pakuan
  • Towaf Totok Irawan Universitas Pakuan

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan potensi pasar smartphone yang cukup besar. Dengan besarnya peluang dalam industri ini secara otomatis juga diikuti dengan persaingan yang sangat ketat antar kompetitor. Promosi dan brand image merupakan hal yang penting karena dapat menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam memilih merek smartphone sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada mahasiswa manajemen Fakultas Ekonosmi dan Bisnis Universitas Pakuan. Penelitian ini terdiri dari promosi dan brand image sebagai variabel independen dengan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan dengan sampel sebanyak 96 responden yang didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan rumus slovin. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hubungan antara promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi baik secara parsial ataupun simultan.

References

Dihni, V. A. (2022). Pendapatan Xiaomi Turun 4,6% pada Kuartal I 2022. Diakses pada 24 Februari 2024, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/24/pendapatan-xiaomi-turun-46-pada-kuartal-i-2022.

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual, 16(1), 21-27.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program. IBM SPSS 23. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Goodstats.id (2022). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone di Indonesia. Diakses pada 13 Oktober 2022, dari https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-di-indonesia-sT2LA

Juliandi, A., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(1), 44-54.

Katadata.co.id (2022). Pertumbuhan Pengiriman Smartphone di Indonesia YoY (Kuartal II-2022). Diakses pada 13 Oktober 2022, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/22/idc-pertumbuhan-pengiriman-smartphone-samsung-di-ri-tertinggi-pada-kuartal-ii-2022

Khaerani, R. A., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Traveloka. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 310-317.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2018). Principles of Marketing Seventeenth Edition. Pearson Education Limited 2018.

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management, 15th edition. United States: Pearson Education.

Maghfiroh, L. (2018). Analisis Pelaksanaan Strategi Promosi Untuk Mencapai Tujuan Penjualan Pada Ukm Sepatu Sharah Shoes Cibaduyut Bandung (Doctoral dissertation, Perpustakaan).

Manik, C. D., Salim, A., & Sugiyarto, S. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 8(1), 25-38.

Newzoo.com (2021). Top Countries by Smartphone Users. Diakses pada 13 Oktober 2022, dari https://newzoo.com/insights/rankings/top-countries-by-smartphone-penetration-and-users

Noor, E. Z. Z., ST, S., & MH, M. K. (2021). Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0. Deepublish.

Noor, Z. Z., (2021). Manajemen Pemasaran Stratejik dilengkapi dengan Kasus-Kasus dalam Bidang Bisnis dan Sektor Publik Tahun 2016. Deepublish.

Pertiwi, D. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage di Bandung Raya). Deepublish.

Rahmadani, C. A. (2019). Pengaruh Brand Image, Service Quality Dan Trust Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Bri Yogyakarta.

Sembiring, B., & Br, M. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Perilaku Nasabah Kopdit Cu “Unam” Berastagi (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Siregar, H. F. A., & Sampurna, D. S. (2020). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen di Indomaret Sentul Jaya V Harapan Jaya.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1-12.

Topbrand-award.com (2022). Top Brand Index. Diakses pada 14 Oktober 2022, dari https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=xiaomi

Published

31-08-2024

Most read articles by the same author(s)