PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pakuan)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Universitas Pakuan. Saat ini, internet dan mahasiswa yang berada di kalangan gen Z tidak dapat dipisahkan. Melalui pemanfaatannya, mahasiswa tidak hanya menggunakan internet dalam proses pembelajaran saja, tetapi juga dalam melakukan belanja di e-commerce untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Kemudahan yang ditawarkan seperti layanan dan fasilitas yang tersedia menjadi pilihan yang sesuai dengan kehidupan mahasiswa saat ini sehingga mendorong mahasiswa melakukan pembelian secara terus menerus tanpa mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhannya, mereka melakukan belanja di e-commerce berdasarkan hasrat keinginannya. Penelitian ini merupakan penelitilian kuantitatif menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan metode penelitian eksplanatori. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuesioner kepada 100 Mahasiswa aktif S1 Universitas Pakuan pengguna e-commerce dan melakukan belanja minimal 3x dengan metode penarikan sampel purposive sampling menggunakan perhitungan rumus Lemeshow. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji-t), dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Universitas Pakuan.
References
Anggaraeni, M., Kasidi dan Widayati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce terhadapPerilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [online] Volume 3(2), pp.43 -50. https://ejournal.ivet.ac.id-/index.php/jeee/article/view/2390/1806
Baudrillad, J. (1995). Simulacra and simulation. Ann Arbor, Michigan: University of Michigan Press.
Calvin dan Purba, D. (2021). Pengaruh Penerapan E-Commerce Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pt Indoland Batam. Skripsi Universitas Batam, [online]. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/download/2863/1864
Sayharani, M. (2023). Tren Pertumbuhan PDB Indonesia Sepanjang Tahun 2021-2023. data.goodstats.id.https://data.goodstats.id/statistic-/melasyhrn/tren-pertumbuhan-pdb-indonesia-sepanjang-tahun-2021-2023-OfAff
Annur, C.M. 2023). Konsumsi Rumah Tangga Jadi Penopang Ekonomi RI Kuartal II-2023, Ini Faktor Pendorongnya. databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023-/08/07-/konsumsi-rumah-tangga-jadi-penopang-ekonomi-ri-kuartal-ii-2023-ini-faktor-pendorongnya
Ryzati, M.A. (2023). Jumlah penggguna internet di Indonesia. Dataindonesia.id https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023
Mustajab, R. (2023). jumlah pengguna e-commerce meningkat. Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-ecommerce-ri-diproyeksi-capai-19647-juta-pada-2023
Faiza, A dkk. 2018. Arus Metamorfosa Millennial. Kendal: Achmad Jaya Group, [online]. Kendal: CV. Ahmad Jaya Group
Faizah, A. (2020). Pengaruh Kemudahan E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, [online]. http://digilib.uinsa.ac.id-/44324/2/Ainun%20Faizah_I03216003.pdf
Fatmawatie, N., (2022). E-Commerce dan Perilaku Konsumtif. Yogyakarta: IAIN Pustaka offset
fiskal.kemenkeu.go.id (2023). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia yang Kokoh di Tengah Tantangan Global. https://fiskal.kemenkeu.go.id/baca/2023/11/08/4471-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-yang-kokoh-di-tengah-tantangan-global
Hadipranata, Q.A.C. dan Sumardi, R.P. (2022). Pengaruh Kemasan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Wardah. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, [online] Volume 2(3). https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/564
Riyanto, G.P. dan Pertiwi, W.K. (2023). Marketplace yang berkontribusi terhadap Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce di Indonesia secara keseluruhan. Kompas.com https://tekno.kompas.com/-read/2023/06/16/19300027/6-marketplace-terbesar-di-indonesia-tahun-2022-shopee-teratas
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. edisi 13 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Munazzah, Z. (2016). Hubungan Kontrol Diri dengan perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN Maulana Ibrahin Malang. Skripsi Maulana malik Ibrahim malang, [online]. http://etheses.uinmalang.ac.id/-3664/
Mulyanto dan Wulandari (2010). Penelitian metode dan analisis. Semarang: CV. Agung.
O’Brien dan Marakas. (2010). Management System Information. McGraw Hill, New York.
Rachmad, Yoesoep, E., & Sudarti, S. (2022). Manajemen Pemasaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Santoso, J.T (2021). E-commerce Tinjauan Manajerial dan Jejaring Sosial. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik
Saputro, L.A., et al. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, [online] Volume (1) ISSN :2715-2723. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/-jpdpb/article/view/44181
Sugiyono (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi ke-2. Alfabeta, CV. Bandung
_______(2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV. Bandung
Sujarweni, 1 V.W. (2008). Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Umum. Yogyakarta: Global Media Informasi
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Bandung: CV Alfabeta.
Yulianti, F., Lamsah & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarrta: Deepublish
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.