HUBUNGAN CONTENT MARKETING PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SCARLETT WHITENING
Abstrak
Seiring perkembangan zaman content memiliki banyak cakupan dan mampu mengikuti alur trend dan pemasaran yang berubah sangat cepat, maka dibuatnya content marketing untuk menghasilkan content yang berkualitas. Content marketing dapat didefinisikan sebagai teknik marketing dalam membuat dan mendistribusikan konten yang konsisten, relevan, dan bernilai untuk menarik dan mendapatkan audience yang telah dipilih dengan tajam. Content marketing yang diterapkan Scarlett Whitening di Instagram berupa foto produk, video reels, live Instagram dan poster, guna memberikan informasi produk dan menarik konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif, dengan responden mahasiswa manajemen FEB Universitas pakuan Bogor angkatan 2020 yang pernah membeli produk Scarlett Whitening. Pemilihan responden dilakukan dengan metode Non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan total 80 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa content marketing terhadap keputusan pembelian skincare Scarlett Whitening pada mahasiswa manajemen FEB Universitas Pakuan menunjukan hasil yang sangat setuju. Adapun hasil yang diperoleh ialah 67% untuk variabel content marketing, dan 67,5% untuk variabel keputusan pembelian.
Referensi
Alimin, et al. (2020) Manajemen Pemasaran (kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Thesis Commons.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Amalia, Chairina Debika. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. Jom Fisip, 7(1).
Amanda, S. N. S., Ayuni, A., & Sudrajat, A. (2023). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 505-514.
Andriana, A. N. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, CONTENT MARKETING DAN BRAND LOVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC PADA PLATFORM TIKTOK SHOP. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1205-1226.
Armstrong, G. et al. (2017) Marketing An Introduction. 6th edn. Toronto: Library and Archives Canada Cataloguing.
Astuti, M. and Amanda, A.R. (2020) Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Databoks. (2022) Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022)
Dharmmesta BS, Handoko H. (2018). Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen . Pertama. BPFE
Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, 17(3), 505-512.
Fadila, W. I. (2020). Rahayu, and MHK Saputra, Penerapan Metode Naive Bayes dan Skala Likert Pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa, Rolly Maul. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi
Gavin, T., (2019). Content Marketing: Proven Strategies to Attract an Engaged.
Geyser, W. (2023). The State of Influencer Marketing 2023: Benchmark Report. Werner Geyser. https://influencermarketinghub.com/influencer-marketingbenchmark-report/
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro. Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(2), 1470.
Grahanurdian. (2022) Platform yang paling sering dipakai.
Hartanti, Herni Tri (2018) Pengaruh Dimensi-Dimensi Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Akun Instagram @GIGIEATCAKE)
Herman, H., Maszudi, E., Hamid, R. S., Dewintari, P., & Aulia, A. (2023). Peran Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(2), 1348-1358.
Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Hidayanti, P., Farida, E., & Athia, I. (2023). Pengaruh Brand Image, Influencer, Dan Content Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tiga Fakultas Besar Universitas Islam Malang).
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156
karr. (2016). How to Map Your Content To Unpredictable Customer Journeys. Meltwater Outside Insight.
Kotler Phillp. (2021). manajemen pemasaran. CV Budi Utama, Jakarta
Kotler, P., &. A. G. (2018). Principles of Marketing. 17th Edition Penyunt. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., et al. (2017a). Content Marketing for Brand Curiousity. In Marketing 4.0: Moving From Traditional to Digital. Hoboken: Wiley
Limandono, J. A. (2017) Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement dengan Sosial Media Marketing sebagai Variabel Moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran., 5(1)
Manap, A. (2016). Revolusi manajemen pemasaran. Jakarta: mitra wacana media, 20-21.
Milhinhos(2015). PENGARUH CONTENT MARKETING, VIRAL MARKETING DAN INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE PADA MAHASISWA. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 10(2), 81-93.
Muhammad Munsarif, Asrul Asrul, Zelvi Gustiana, Ari Muhardono, Charmiyanti Nurkentjana Aju, Agung Widarman, Ika Yuniwati, Andriasan Sudarso, A Edeth Fuari Anatasya, F. H. (2022). Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Digital (M. J. F. S. Janner Simarmata(ed.)).YayasanKitaMenulis. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Digital_Marketing_untuk
Nabila, V. A., & Habib, M. A. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Aplikasi Tiktok, Online Customer Review, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty. Jurnal Mirai Management, 8(2), 590-601.
Nurivananda, S. M., & Fitriyah, Z. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok (Studi Pada Konsumen Generasi Z@ Scarlett_Whitening Di Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3664-3671.
Oisina, I. V. S. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing Dan Content Riview Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Akun @msglowbeauty). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, IV(II), 265–276. http://www.jurnalumbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/1846
Otzen, T., & Manterola, C. (2017). Sampling techniques on a population study.
Pradika et al., (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Ulasan Produk, Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace TikTok Shop. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 67-92.
PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.
Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29.
Ratnasari, A., Hamdan, Y., & Julia, A. (2017). Promosi Penjualan Produk Melalui Instagram. Inter Komunika, 2(2), 101-107.
Sari, D. C., & dkk. (2021). Manajemen pemasaran. Bandung : Media Sains Indonesia.
Scarlett Whitening. Scarlett Whitening.com
Sharma, F. C. (2020) Marketing Management by Dr. FC Sharma: SBPD Publications. SBDP Publication.
Soehandoko (2022). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Harga Dan Unique Selling Point (USP) Terhadap Penjualan Produk Lokal Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Produk Scarlett Whitening). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 3(2).
Sugiyono, P. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62-70.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Thomson. (2013). Analisis Pengarus Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian
Tiwari, B. B., &. Lyall, B. W. (2020). E-Business: Issues and Challenges of 21st Century India: Allied Publishers
Yazgan Pektas, s., & Hassan, A. (2020). The effect of digital content marketing on tourists’ purchase intention. Journal of Tourismology, 79–88.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.