PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO PULAUBEKU BOGOR
Abstrak
ABSTRAK
Perkembangan bisnis saat ini semakin menonjol akan persaingannya sehingga menimbulkan persaingan yang tajam antar perusahaan, baik dari jumlah pesaing yang semakin bertambah, volume produk yang semakin meningkat, ataupun berkembangnya teknologi yang pesat. Salah satu unit bisnis yang sedang beroperasi dalam makanan beku (Frozen food) di daerah cibinong dan sekarang ini telah banyak bermunculan unit bisnis yang sejenis, berikut daftar toko frozen food. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dan jenis penelitian ini penulis melakukan melalui metode survei. Hasil penelitian Berdasarkan hasil Uji T diperoleh nilai t_hitung Untuk Variabel Kualitas pelayanan sebesar -1,645 < t_tabel (1,984) pada signifikan sebesar 0,103 > 0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko PulauBeku Bogor, untuk variabel persepsi harga sebesar 4,829 > t_tabel (1,984) pada signifikan sebesar 0,000 < 0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko PulauBeku Bogor, untuk Variabel Promosi sebesar 2,164 > t_tabel (1,984) pada signifikan sebesar 0,033 < 0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko PulauBeku Bogor. Berdasarkan Uji F diperoleh hasil F_hitung sebesar 66,366 > 2,47 F_tabel dengan tingkat probabilitas 0,000 (signifikan < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, persepsi harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Toko PulauBeku Bogor.
ABSTRACT
Today's business developments are increasingly prominent in their competition, giving rise to sharp competition between companies, both from an increasing number of competitors, increasing product volume, or rapid technological developments. One of the business units that is operating in frozen food in the Cibinong area and now many similar business units have sprung up, here's a list of frozen food stores. This research was conducted using a quantitative approach method. And this type of research the authors conducted through a survey method. The results of the study based on the results of the T test obtained the t_count value for the Service Quality Variable of -1.645 < t_table (1.984) at a significant value of 0.103 > 0.05. So it can be concluded that service quality has no significant effect on purchasing decisions at PulauBeku Bogor Stores, for the price perception variable is 4.829 > t_table (1.984) at a significant value of 0.000 <0.05. So it can be concluded that price perception has a positive and significant effect on purchasing decisions at Pulau Frozen Store Bogor, for the Promotion Variable is 2.164 > t_table (1.984) at a significant value of 0.033 <0.05. So it can be concluded that promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions at Pulau Frozen Stores, Bogor. Based on the F test, the F_count results were 66.366 > 2.47 F_table with a probability level of 0.000 (significant <0.05). So it can be concluded that service quality, price perceptions and promotions simultaneously influence purchasing decisions at PulauBeku Stores Bogor.
Referensi
Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran & pemasaran jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Andika, A., & Susanti, F. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang. Jurnal STIE, 1–13.
Apriani, Y. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Muslim Frozen Food (Studi Pada Fafana Frozen Kota Bengkulu http://repository.iainbengkulu.ac.id/7477/
Armahadyani. (2018). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Makan Pae Mur Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(2). https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i2.253
Armenia, A. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOSERBA SAHABAT PUTRA BANJARAN KABUPATEN TEGAL. Universitas Pancasakti Tegal.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran: Dasar-Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chusnah, A. (2020). Pengaruh Kondisi Pandemi Pada Permintaan Pasar Fast Food. Eprint UMSIDA, 19 (191020700110), 13. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/7042
Dhela, A., Zaini, O. K., Wihartika, D., & ... (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Padjadjaran Suite Resort & Convention Hotel. Jurnal Online Mahasiswa …. https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/1824
Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 cet. Semarang: Badan Penerbit UNDIP Semarang.
Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, XIV(1), 44–56.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. 1–63.
Laksana, F. (2019). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha Ilmu, 1, 208.
Lestari, A., & Aslami, N. (2022). Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(2), 80–89. https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.882
Muharam, Wifky & Euis Soliha, 2017. (2017). Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio, 2014, 755–762.
Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17954
Nurfadila, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kuputusan Pembelian Pada Pt Trans Retail Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 3. No 5, 1–17.
Pratiwi, L. E. (2021). ANALISIS STRATEGIBAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada NUsantara Mart PACITAN). 19.
Rusydi, A. (2018). Manajemen pemasaran. Alfabeta Bandung.
Santoso, I., Mustaniroh, S. ., & Pranowo, D. (2018). Keakraban Produk dan Minat Beli Frozen Food: Peran Pengetahuan Produk, Kemasan, dan Lingkungan Sosial. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 133–144. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.133
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2017). Perilaku Konsumen, Edisi ke-7. Jakarta: PT Indeks.
Setianingsih, W. E. (2021). Penerapan Inovasi Produk, Promosi, Dan Penggunaan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Dkm Cakes Dan UM Magelang Conference Series, 341–349. http://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/5882
Sugiyono, P. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Sunyoto, D., & Admojo, T. (2016). Konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen.
Swastha, B. (2018). Manajemen Penjualan Edisi 3. Yogyakarta (ID): BPFE, 137.
Tika, A. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Ega Makmur Desa Winong Jetis Ponorogo. IAIN PONOROGO.
Tjiptono, F. (2019). Perilaku Konsumen: Proses Keputusan Konsumen. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen, 157.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Semarang. Pressindo.
Tri Puspandari. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran TERHADAP upaya Peningkatan Brand Awareness Kebab Mantab Frozen di Jakarta Timur. Core.Ac.Uk, 99–109. https://core.ac.uk/download/pdf/147419234.pdf
Yuska, H. (2019). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada gerai HAUS! di Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakartafandi, P.(2018). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA; Teori, Konsep dan Indikator, edisi 1. ed. Zanafa, Pekanbaru.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.