ANALISIS IN-STORE FACTOR TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN CITRUS DEPARTMENT STORE (STUDI PADA MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS PAKUAN)

Penulis

  • Agisti Fajrin Universitas Pakuan
  • Hari Muharam Universitas Pakuan
  • Eka Patra Universitas Pakuan

Abstrak

Abstrak
Pada era pandemi Covid-19 saat ini, pemasar perlu lebih memperhatikan keinginan konsumen. Ada banyak upaya untuk memahami tentang perilaku konsumen yang berbeda-beda. Impulse buying merupakan fenomena yang erat kaitannya dalam perilaku pembelian di usaha ritel. Samosir (dalam Caesariani, 2020), yang mengungkapkan bahwa sebanyak 74% pembelian yang terjadi di minimarket merupakan impulse buying (pembelian tidak terencana). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat impulse buying pada mahasiswa manajemen Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaitif, dengan responden mahasiswa manajemen Uinversitas Pakuan Bogor tahun akademik 2018-2021 yang pernah berbelanja di Citrus Department Store. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 95 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan setelah dilakukan analisis regresi linier berganda diketahui bahwa In-Store Factor yang terdiri dari sales promotion (X1) dan store environment (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (Y) sebesar 37,6%. Diketahui variabel sales promotion (X1) secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying dengan nilai probabilitas (0,011) < 0,05. Selanjutnya diketahui variabel store environment (X2) secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying dengan nilai probabilitas (0,020) < 0,05

Abstract
In the current era of the Covid-19 pandemic, marketers need to pay more attention to consumer desires. There have been many attempts to understand the behavior of different consumers. Impulse buying is a phenomenon that is closely related to buying behavior in retail businesses. Samosir (in Caesariani, 2020), who revealed that as many as 74% of purchases that occur at minimarkets are impulse buying (unplanned purchases). This study aims to determine the level of impulse buying in management students at Pakuan University, Bogor. This research is a quantitative study, with the respondents being management students of Pakuan Bogor University for the 2018-2021 academic year who have shopped at the Citrus Department Store. The selection of respondents was done by purposive sampling method with a total of 95 respondents based on the calculation of the Slovin formula. Data was collected through questionnaires and data analysis methods using statistical descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that after multiple linear regression analysis, it is known that the In-Store Factor consisting of sales promotion (X1) and store environment (X2) together or simultaneously has a significant effect on impulse buying (Y) by 37.6%. It is known that the sales promotion variable (X1) partially affects impulse buying with a probability value (0.011) <0.05. Furthermore, it is known that the store environment variable (X2) partially affects impulse buying with a probability value (0.020) <0.05.

Referensi

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Qiara Media. ISBN : 978-623-7925-18-17.

Bussolari, L. (2019). The Moderating Role of Social Influence in The Relation Between Music Inside a Store and Impulse Buying. Master’s Degree Thesis, Luiss Guido Carli Institute, Diakses dari https://tesi.luiss.it/id/eprint/29202

Caesariani, E. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Penjulan Terhadap Impulse Buying di Indomaret Surabaya Timur. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM),Vol.8, No. 1, 306.

Ganawati dkk. (2019). Faktor Eksternal dan Internal yang Mempengaruhi Impulse Buying Pembeli pada Toko Ritel Waralaba di Kabupaten Gianyar. Wacana Ekonomi. (Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi) ISSN Print : 1978-4007 dan ISSN Online : 2655-9943, Vol. 18, No. 1, 39.

Hidayat, R. & Inggit Kusni Tryanti. (2018). Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulsive Buying Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, Vol. 2, No. 2, 175.

Husnain et al. (2019). Personal and In-store Factors Influencing Impulse Buying Behavior Among Generation Y Consumers of Small Cities. Business Perspectives and Research, Vol. 7, No. 1, 93-104.

Ramadhan, F. & I Made Jatra. (2018). Pengaruh Impulse Buying dan Frekuensi Kunjungan Terhadap Niat Pembelian pada Situs Tokopedia di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 2, 766.

Rianto dkk. (2018). Pengaruh Store Environment Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Vargo Kitchen Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 59, No.1, 11.

Vinish, P et al. (2020). Impulse Buying Behavior Among Female Shoppers: Exploring The Effects of Selected Store Environment Elements. Innovative Marketing Journal. ISSN Online: 1816-6326. Vol. 16, No. 2, 65. DOI: http://dx.doi.org/10.21511/im.16(2).2020.05

Wahyuni, R.C. & Harini Abrilia Setyawati. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Wirakanda, G.G & Apriyanti S Pardosi. (2020). Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Blibli.com). Jurnal Bisnis dan Pemasaran ISSN : 2087-3077, Vol. 10, No. 1, 3. Bisnis dan Akuntansi, Vol. 2 No. 2, 148.

Dramatic Impulse Buying Statics (2017). Diakses pada 29 Juli 2022, dari https://brandongaille.com/18-dramatic-impulse-buying-statistics/

Indonesia Pertumbuhan Penjualan Ritel. (2022). Diakses pada 29 Juli 2022, dari https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth

Retail Versus Covid-19. (2021). Diakses pada 29 Juli 2022, dari https://binus.ac.id/malang/2021/11/retail-versus-covid-19/

Tentang Citrus. (2011). Diakses pada 24 November 2021, dari https://citrus.id/about-us/

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Articles