PENGARUH PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOSMETIK EMINA DI SHOPEE

Authors

  • Reza Yuniarti Agustina Universitas Pakuan
  • Hari Muharam Universitas Pakuan
  • Towaf Totok Irawan Universitas Pakuan
  • Rino Indira Gusniawan Universitas Pakuan

Keywords:

Promosi online, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi online terhadap keputusan pembelian pada kosmetik emina di shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Deskriptif Verifikatif dengan responden pada mahasiswa prodi manajemen angkatan 2020- 2023 Universitas Pakuan. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan total 100 responden bedasarkan hasil pada perhitungan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner metode analisis menggunakan uji intrumen data, analisis stastistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi online dinilai baik dengan total skor sebesar 80% dan keputusan pembelian dinilai baik dengan total skor 81%. Pada uji hipotesis diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 atau nilai tthitung 6,852> ttabel 1,984 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh promosi online terhadap keputusan pembelian.

References

Agustina, R., Hinggo, H. T., and Zaki, H. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-Wom, Dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433–445. Retrieved from https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/851/207

Amirullah. (2021). Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Ardianto, K., and Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.511

Astuti, M., and Amanda, A. R. (2020). Pengantar manajemen pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Brittany, R. G. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Promosi Online, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Dan Marketplace (Studi Kasus Produk Maharaja Coffee Pada Pt. Maharaja Pusaka Nusantara) Di Kota Tangerang Tangerang (Doctoral disser. (Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma).

Effendy, A. A., and Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 702–714. Retrieved from http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/571/248

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, R. S., Ariasih, M. P., Suarniki, N. N., Purwoko, Nurchayati, Tarmizi, A., Vitaloka, D. (2023). Manajemen Pemasaran Modern (Strategi dan Taktik Untuk Kesuksesan Bisnis). In PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Hanum, F., and Rahmani, N. A. B. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik Emina pada kalangan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 9(2), 862–876. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/19532/

Hayati, R. (2020). Pengertian kerangka berpikir menurut para ahli. Retrieved from https://penelitianilmiah.com/pengertian-kerangka-berpikir-menurut- para-ahli/Celerity Endorser Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop. Jiagabi, 9(1), 94–102. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/viewFile/6141/5043

Kotler, and Keller. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P, and Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Armstrong, G. (2020). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuspriyono, T. (2017). Pengaruh promosi online dan kemasan terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Sariayu Martha Tilaar. Jurnal Perspektif, 15(2), 147–154. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/download/2231/ 1622

Maulana, A., and Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(9), 1–17.

Meithiana, I. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Press.

Nurgayatri, A. R., and Suyanto, A. (2016). Pengaruh promosi online pada media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen brand ElMeira. Eproceedings of Management, 3(3). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/3042/2887

Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Putri Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen Teori.

Rachmad Edhie Yoesoep, Sudiarti Sri, Turi Ode La, Fajariana Endah Dewi, Kisworo Yudo, Suryawan Firdiansyah Ryan, Tanadi Hendy, Kusnadi, Susilawati Eka, Yusran Rahmat Rio, Juminawati Sri, Sukrisni Andy, K. S. (2022). Manajemen Pemasaran. In Eureka Media Aksara.

Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

(2021). Ilmu Manajemen di Era 4.0. Penerbit Adab.

Safitri, N. A. (2023). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: K Media.

Satriadi, S., Wanawir, W., Hendrayani, E., Siwiyanti, L., and Nursaidah, N. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Setiadi. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Jakarta: Prenada Media Group.

Siregar, D. (2021). Pengaruh Promosi Online Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Berkah Mobil Medan. (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, R. S., and Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41.

https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28

Suriyadi, F. I. (2021). Pengaruh Perceived Information Quality, Dan Endorser Credibility Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening; Produk ScarlettWhitening. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(2), 15. Retrievedfrom https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- pemasaran/article/download/12403/10795

Wibowo, R. A. (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang University Press.

Downloads

Published

29-08-2025