ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA TOKO KUE MANIKA DI KOTA BOGOR

Authors

  • Afiya Faizatunnida Universitas Pakuan
  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Eka Patra Universitas Pakuan
  • Hari Suryantoro Universitas Pakuan

Keywords:

Strategi pemasaran, toko kue, matriks SWOT, matriks IE

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja Toko Kue Manika serta memformulasi alternatif strategi untuk meningkatkan penjualan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, matriks EFE, IFE, SWOT, dan IE untuk memformulasi strategi berdasarkan faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang eksternal terbesar adalah kemajuan teknologi dan meningkatnya penggunaan media sosial, e-commerce, serta aplikasi pesan-antar. Ancaman utama dari persaingan ketat dengan kompetitor besar dan baru. Kekuatan utama Toko Kue Manika adalah harga produk terjangkau, kualitas baik, serta legalitas produk lengkap. Kelemahan utama meliputi keterbatasan modal dan promosi yang belum maksimal. Toko Kue Manika berada diposisi Kuadran II region grow and build. Berdasarkan analisis SWOT dan matriks IE, strategi SO dan strategi intensif penetrasi pasar menjadi strategi yang paling tepat. Kesimpulan penelitian ini ialah memaksimalkan keunggulan dengan strategi promosi konsisten dan peningkatan pelayanan konsumen menjadi langkah untuk meningkatkan daya saing, penjualan dan keberlangsungan Toko Kue Manika.

References

Assyfa, H. M. (2023). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Karimah Tauhid, 2(5), 1550–1558.

Badan Pusat Statistik. (2022). Kota Bogor dalam Angka 2022. Go. Idbps, 4(1), 88–100.

BPS Kota Bogor. (2020). Kota Bogor Dalam Angka Tahun 2020. 244.

BPS Kota Bogor. (2021). Kota Bogor Dalam Angka (Bogor Municipality in Figures) 2021, 1–250.

David, F. R., dan David, M. E. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. Pearson. In Pearson Education Limeted.

David, Fred. R. (2016). Manajemen Strategik, Alih Bahasa Alexander Sindoro, Prehallindo, Jakarta.

Dewi, Y. P., Hadayani, Sartika, D., & Manurung, B. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Roti Pada ‘Anugrah Bakery’ Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Agrotekbis, 9(4), 786–795. http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/1009/981.

Fatyandri, N. A., Susanto, S., Angeline, F., Richelle Chan, K., Go, M., & Surya, P. (2023). Analisa Kompetitor hingga Dinamika Kompetitif pada Bisnis Kafe Catarina. Jurnal Mirai Management, 8(2), 220–229.

Haque-fawzi, M. G., Iskandar, ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, Sumarsi, D., & I. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973.

Indraswari, R., Putri, H., Suroso, E., Yuliandari, P., & Utomo, T. P. (2022). Development Strategy Of Processed Food Products From Pumpkin Flour In Bandar Lampung (A Study Case In Home Industry B. Co Bandar Lampung). Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 1(1), 12–28.

Ivonia Auxiliadora Freitas Marcal, Yosse Putra Oentoro, & Muhammad Yasin. (2024). Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Cerminan Perkembangan Perekonomian Suatu Negara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(3), 40–47. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i3.1898.

Kotler. P. Armstrong. G., Harris, LC, dan He, H. (2021). Principles of Marketing Eighteenth Global Edition, Principles of Marketing, 18th Edition, ISBN 978-0-13-576659-0, Pearson Education, Inc.

Kotler, P., Kelller, L. K., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. In Pearson.

Nisa. K. (2020). (2020). A Strategic Management Analisis Swot Pada Produk Cakekinian. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 511–521. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.174.

Patra, E. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Alat-Alat Kesehatan (Hospital Bed) Pada Pt Sarandi Karya Nugraha. Jimfe (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 1(2). https://doi.org/10.34203/jimfe.v1i2.567.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. (2021). Buletin Konsumsi Pangan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Buletin Konsumsi Pangan, 12(02), 1–107. http://epublikasi.pertanian.go.id/arsip-buletin/53-buletin-konsumsi/677-buletin-konsumsi-vol-10-no-2-2019.

Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Madiun Slamet Riyanto Universitas PGRI Madiun Keywords: Internal Environment, External Environment, Competitive Advantage and P. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 5(3), 159–168.

Siregar, A. P. H. (2020). Analisis Strategi Bersaing Toko Roti X Berdasarkan IE - Matriks. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1).

Vidya, W., & Wilda, K. (2018). Strategi Pemasaran Usaha Industri Roti Agung Marketing Strategy of Roti Agung Industry. 2(4), 42–48. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/frontbiz.v2i4.652.

Downloads

Published

31-05-2025