PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN SECOND DI TOKO DS STORE SECOND BRANDED
Kata Kunci:
Harga, kualitas produk, keputusan pembelianAbstrak
Zaman sekarang ini kebutuhan masyarakat itu semakin beragam, seperti halnya kebutuhan masyarakat akan pakaian. Pakaian juga banyak sekali jenisnya, akan tetapi fenomena yang sedang ramai di kalangan masyarakat saat ini yaitu mengenai fenomena pakaian bekas. Masyarakat menilai bahwa dengan berbelanja pakaian bekas, mampu menghemat pengeluaran mereka, dikarenakan harga yang terjangkau dengan kualitas yang layak pakai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen DS Store Second Branded. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden konsumen toko DS Store Second Branded, yang selanjutnya diolah menggunakan SPSS versi 25. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan ialah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga dan Kualitas Produk memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% merupakan kontribusi dari variabel lainnya.
Referensi
Agustina, E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian One Push Vape Di Kecamatan Kertosono. Simki-Economic, 01(09), 16.
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT. Inovas Pratama Internasional.
Dedhy, P., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Journal Feb Unmul.
Ganesha, T. P., Rinanda, S., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas, Produk, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Thrift Store di Instagram. Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD), 1(0).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hilman, I., Supriyanto, & Suganda, E. I. (2021). Pendampingan Penyusunan Business Plan Dan Peningkatan Kapasitas Manajemen Badan Usaha Milik Desa Guna Jaya Sejahtera Di Desa Citaringgul Kabupaten Bogor. Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE), 1(1), 25–36. https://doi.org/10.53698/rudence.v1i1.11.
Indriarti, S. (2023). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Di Cozycozin Thrift Shop Kediri. Universitas Muhammadiyah Malang.
Karnawati, T. A., & Santoso, R. (2023). Keputusan Pembelian Sepatu di FU Second Branded Malang yang dipengaruhi oleh Gaya Hidup , Harga dan Kualitas Produk. 06(September), 480–487.
Kotler, P., & Cox, K. (2020). Manajemen dan Strategi Pemasaran. PT. Grafitas Offset.
Musthofa. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen Bu Agus Catering).
Napitupulu, S. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli. Atalya Rileni Sudeco.
Ngatno. (2018). Buku Manajemen Pemasaran Baru. In EF Press Digimedia. EF Press Digimedia.
Okhtavia, R., & Setiawan, M. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Olahraga NIKE (Studi Pada Pengguna Sepatu Olahraga NIKE di Kota Kendal). SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 357–369. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.357.
Patra, E. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Alat-Alat Kesehatan (Hospital Bed) Pada Pt Sarandi Karya Nugraha. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 1(2), 99–120. https://doi.org/10.34203/jimfe.v1i2.567.
Pratiwi, D. B. F. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Store Thriftermlg Di Kota Malang. 51–60.
Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228–233. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34769.
Rosdiana, S. (2022). Penentuan Keputusan Pembelian Singkong Keju Di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi.
Saputra, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru. Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran. Penerbit Samudra Biru.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. CV. Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction / Fandy Tjiptono; Gregorius Chandra. Andi.
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Python Cookbook, 706. http://oreilly.com/catalog/errata.csp?isbn=9781449340377.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.