PENGARUH PROGRAM FLASH SALE SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK SKINTIFIC DI KOTA BOGOR

Authors

  • Yolanda Amelia Putri Ramadhan Universitas Pakuan
  • Eka Patra Universitas Pakuan
  • Oktori Kiswati Zaini Universitas Pakuan

Keywords:

Flash Sale, Impulse Buying, E-Commerce

Abstract

Meningkatnya pembelian melalui e-commerce membuat suatu fenomena dimana pembeli merasakan kenikmatan berbelanja karena kemudahan dan kecepatan bertransaksi, salah satu faktor yang menstimulus dalam melakukan pembelian impulsif adalah kegiatan flash sale yang menarik perhatian konsumen dan mendorong pembelian spontan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh program flash sale terhadap impulse buying pada produk Skintific di Kota Bogor.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden pengguna Skintific di Kota Bogor. Pemilihan responden dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh program flash sale terhadap impulse buying pada produk Skintific melalui thitung dengan ttabel, dengan thitung sebesar 10,543 sedangkan ttabel 1,98422, maka nilai t-hitung>t-tabel yang artinya Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara program flash sale shopee terhadap impulse buying pada produk Skintific di Kota Bogor.

 

References

Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce Dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023.

Andini, N. S. (2024). Compas Market Insight Dashboard: Skintific Menempati Posisi Pertama Penjualan Paket Kecantikan Di Q1 2024. Compas.Co.Id

Andriani, M. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming Terhadap Repurchase Melalui Impulse Buying Sebagai Variabel Intervening. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Arestrias, A. P., & Wijanarko, A. A. (2021). Pengaruh Metode Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen, 1, 1–10.

Bilal Ahmad, M., Fawad Ali, H., Sabir Malik, M., Humayun, A. A., & Ahmad, S. (2019). Factors Affecting Impulsive Buying Behavior With Mediating Role Of Positive Mood: An Empirical Study. European Online Journal Of Natural And Social Sciences, 8(1), 17–35. Http://Www.European-Science.Com

Cemara, N. (2023). Compas Data Market Insight: Bedah Isi Toko Dari Top Seller Skincare Brand Skintific di E-Commerce. Https://Compas.Co.Id/Article/Top-Seller-Skincare/

Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal Of Economic Education And Entrepreneurship Studies, 1(2), 58. Https://Doi.Org/10.26858/Je3s.V1i2.18635

Dinova, S., & Suharyati. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping Dan Flash Sale Terhadap Pembelian Implusif Pengguna Shopee Di Kecamatan Jatinegara. Journal Of Young Entrepreneurs, 2(4), 88–102. Dsilva, H., & N, E. (2021). Impulsive Buying During Flash Sales On Ecommerce Sites And The Ramification Of Flash Sales On Shopping. Ushus Journal Of Business Management, 20(4), 27–43.

Https://Doi.Org/10.12725/Ujbm.57.3

Gandhy, A., & Hairuddin, J. A. (2018). Analysis of Promotion and Product Differentiation of Jukajo on

Consumer Purchase Decision. Binus Business Review, 9(1), 9. https://doi.org/10.21512/bbr.v9i1.3901

Hidayat, R., & Tryanti, I. K. (2018). Pengaruh Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa. 2(2), 174–180.

Kompas. (2023). Skintific Sukses Raih Beragam Penghargaan Dan Jadi Skincare Banyak Dicari.

Https://Www.Kompas.Id/Baca/Adv_Post/Skintific-Sukses-Raih-Beragam-Penghargaan-Dan-Jadi- Skincare-Banyak-Dicari

Kumparanbisnis. (2023). Populix Ungkap Sifat Masyarakat Indonesia Saat Belanja Online: Impulsif.

Https://Kumparan.Com/Kumparanbisnis/Populix-Ungkap-Sifat-Masyarakat-Indonesia-Saat- Belanja-Online-Impulsif-1zs7t7zjq9n/Full

Martaleni, M., Hendrasto, F., Hidayat, N., Dzikri, A. A., & Yasa, N. N. K. (2022). Flash Sale And Online Impulse Buying: Mediation Effect Of Emotions. Innovative Marketing, 18(2), 49– 59.Https://Doi.Org/10.21511/Im.18(2).2022.05

Media Konsumen. (2023). Flash Sale Shopee Hanya Gimmick.

Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.

Nastiti, R., & Nugroho, E. S. (2020). The Effect Of Flash Sale And Discount Towards Impulsive Buying (Study On Shopee Users). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 22(4), 1–8.

Nurchoiriah, E., Yusnita, R. T., & Arisman, A. (2022). Analisis Perilaku Online Impulse Buying Ditinjau Dari Flash Sale Dan Locus Of Control Pada Mahasiswa Unper Konsumen Shopee. Oikos Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, Vi(Vol 6 No 2), 159–167. Https://Doi.Org/10.23969/Oikos.V6i2.5544

Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale, Live Shopping, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2740–2755. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i10.897

Simanjutak, O. De. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Universitas Sari Mutiara Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 383–387.

Sunaryo, W., Yusnita, N., Herfina, H., Wulandari, D., & Suhendra, S. (2023). The effects of digital transformational leadership, work environment and motivation on reinforc-ing job satisfaction: Evidence from vocational schools. International Journal of Data and Network Science, 7(2), 883–890. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.12.023

Sunaryo, W., Notosudjono, D., & Sulhan, M. (2024). Influence of Personality and Job Satisfaction on Managerial Effectiveness and Organizational Commitment. Eurasian Journal of Educational Research, 109(109), 250-269.

Tosida, E. T., Wahyudin, I., Andria, F., Djatna, T., Ningsih, W. K., & Lestari, D. D. (2020). Business intelligence of indonesian telematics human resource: optimization of customer and internal balanced scorecards. Journal of Southwest Jiaotong University, 55(2).

Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Konsumen Shopee Di Jakarta Selatan). Journal Of Business And Banking, 11(2), 251.Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V11i2.2733

Wale, N. (2023). Analisis Impulsif Buying Pada Belanja Online (Study Pada Konsumen Online Shop Waingapu Blessing). Innovative: Journal Of Social Science 3(3), 4349–4365.

Wangi, L. P., & Andarini, S. (2021). Pengaruh Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 79–91. Https://Doi.Org/10.35308/Jbkan.V5i1.3424

Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 63–70. Https://Doi.Org/10.32528/Jmbi.V4i1.1716

Published

30-01-2025

Most read articles by the same author(s)