HUBUNGAN CITRA PERUSAHAAN, E-SERVICE QUALITY, DAN TRUST PADA MOBILE BANKING MANDIRI DENGAN KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor)
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan citra perusahaan, e-service quality, dan trust dengan kepuasan nasabah pengguna mobile banking Mandiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian verifikatif dengan metode explanatory survey. Metode penarikan sampel penelitian yang digunakan yakni probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang sangat kuat pada variabel citra perusahaan, e-service quality, dan trust dengan kepuasan pelanggan sebagai pengguna mobile banking Mandiri dengan nilai koefisien korelasi (r) diperoleh sebesar 0,930 yang berarti jika citra perusahaan, e-service quality, dan trust ditingkatkan maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Sedangkan untuk koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,865 dengan kata lain variabel citra perusahaan, e-service quality, dan trust dengan kepuasan pelanggan memiliki nilai kontribusi atau pengaruh sebesar 86,5% dan sisanya 13,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian. Selain itu, hasil uji F menunjukkan jika terdapat hubungan citra perusahaan, e-service quality, dan trust secara bersama-sama dengan kepuasan pelanggan sebagai pengguna mobile banking Mandiri.
ABSTRACT
This research aims to analyze the relationship between corporate image, e-service quality, and trust with customer satisfaction of Mandiri mobile banking users. This research uses verification research with an explanatory survey method. The research sampling method used is probability sampling with a total sample of 100 respondents. Based on the research, there is a very strong relationship between corporate image, e-service quality, dan trust with customer satisfaction as Mandiri mobile banking users with a correlation coefficient (r) of 0,930 which means that if corporate image, e-service quality, and trust keep increasing the it will reach customer satisfaction. Menawhile, the coefficient of determination (R2) obtained is 0,865 in other words the variables of corporate image, e-service quality, and trust with customer relationship have a contribution value of 86,5% and the remaining 13,5% is influeced by the variables contained in the research. In addition, the result of the F test shows that there is a relationship between corporate image, e-service quality, and trust together with customer satisfaction as Mandiri mobile banking users.
Referensi
Blut, Markus. 2016. E-Service Quality: Development of a Hierarchical Model. Journal of Retailing 92 (2016) 500-517.
Irawan, Aditya Wicaksono. Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020 (Q2). Dilansir dari0https://apjii.or.id/content/read/39/521/Laporan-Survei-Internet-APJII-2019-2020-Q2
Kurniasih, Nia. 2018. Hubungan Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan dengan Loyalitas Pelanggan BCA Prioritas KCU Bogor. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen.
Lesmana, Putra Dwi. 2018. Hubungan Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan dengan Kepuasan Pelanggan BPJS Ketenagakerjaan Pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bogor Kota.
Mandiri, Ari Cahya, dkk. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan BRI Mobile (BRImo). Account: Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Perbankan.
Mawey, Thalia Claudia, dkk. 2018. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Nawangsari, Sari dan Putri. 2020. Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking Melalui Citra Bank Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Pengguna BNI Mobile Banking di Kota Depok). Jurnal Ilmiah Matrik Universitas Bina Darma.
Nugroho, Budiarto dan Subagja. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Bekasi Timur. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana.
Nuridin dan Imanda, Nadya. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Fashion Pada Online Shop Fellow Facy Jeans Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana.
Prasetya. Muhammad Adit. 2016. Pengaruh E-Service Quality dan Trust Pada Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Bank BRI Syariah di Tangerang Selatan.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Triyadi, Amelia dan Khoir, Abdul. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Danamon Tbk Cabang Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.