PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MAXIM SEBAGAI JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KASUS MAHASISWA/I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAKUAN)

Penulis

  • Ira Rima Anita Universitas Pakuan
  • Samsul Arifin Universitas Pakuan
  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Bayu Dwi Prasetyo Universitas Pakuan

Abstrak

ABSTRAK
Perusahaan pada umumnya menginginkan jasa yang ditawarkan dapat dipasarkan dengan lancar dan menguntungkan, sehingga setiap perusahaan berlomba-lomba untuk menarik perhatian pelanggan dengan memberi nilai lebih produk atau jasa yang diberikan, sehingga pelaku bisnis rela mengeluarkan biaya yang besar. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh yang positif antara harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam memilih maxim sebagai jasa trasnportasi online, selain itu peneliti ini juga ditunjukan untuk mengetahui keputusan mahasiswa/i fakultas ekonomi dan bisnis universitas pakuan bogor mengenai keputusan pembelian pada jasa transportasi online maxim. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu asosiatif menggunakan metode survei. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis dekriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS release 25 for windows. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dimana harga dan kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan keputusan konsumen sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif secara bersamaan terhadap keputusan konsumen dalam memilih maxim sebagai jasa transportasi online.

ABSTRACT

Companies generally want the services offered to be marketed smoothly and profitably, so that every company competes to attract the attention of customers by giving more value to the products or services provided, so that business people are willing to pay large fees. The purpose of this study was to explain whether there is a positive influence between price and service quality on consumer decisions in choosing Maxim as an online transportation service. Apart from that, this research was also shown to determine the decisions of students of the Faculty of Economics and Business, Pakuan Bogor University regarding the decision to purchase Maxim services. Online transportation. The type of research used by researchers is associative using survey methods. The selection of respondents was carried out by purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the slovin formula. Data collection was carried out through surveys and questionnaires and data analysis using descriptive analysis. Data processing in this study used the SPSS release 25 for windows assistance program. The analysis used in this study is multiple linear regression where price and service quality are the independent variables and consumer decisions are the dependent variables. The results of the study show that price and service quality simultaneously have a positive effect on consumer decisions in choosing maxim as an online transportation service.

Referensi

Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, ALFABETA, Bandung.

Alma, B. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung, Indonesia : Penerbit, Alfabeta.

Astuti, M. & Amanda, R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Astutik Yuni (2020). Pengguna transportasi online di indonesia. Tersedia di : https://www.cnbcindonesia.com. [diakses pada maret 2022]

Darmanto, D., & Wardaya, L. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Febrianto, F. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas produk dan Pelayanan terhadap Keputusan pembelian produk fesyen melalui media sosial di Yogyakarta.

Hasan, S. Et al. (2022). Pemasaran Jasa. Purwokerto, Indonesia: Penerbit CV. Pena persada.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya, Indonesia: Penerbit Unitomo press.

Kotler & Armstrong, (2018). Principles of Marketing| Pearson, 17 th Global Edition.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management 12e. France: Edition Pearson Education.

Kusnandar. B (2021). Pengguna internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. Tersedia di : https://databoks.katadata.co.id. [diakses pada Februari 2022]

Maisaroh Nur. (2018). Pengaruh Harga, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa ojek Online Gojek (Studi Kasus pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Pakuan)

O’Brien (2020). Analisa Sistem Informasi/Tata sutabri, Ed 1, Andy, Yogyakarta.

Sarwono, J. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suci, Ratu Fathonah Bayu (2021). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Transportasi Online Maxim Terhadap Kepuasan Konsumen pada Mahasiswa/i Transportasi Ekstensi Universitas Maritim Amni Semarang

Sugiyono, D. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D Edisi Ke-13. Bandung: Penerbit Alfabet

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2018). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran : Prinsip & Penerapan. Jakarta : Penerbit Andi

Warnadi, A. (2019). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama, Grup Penerbitan CV Budi Utama, Yogyakarta.

Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 923-926. Tersedia di : https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/3280/1109 [Diakses 4 mei 2022]

Zulfikar. 2016. Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta : Gramedia.

Diterbitkan

2024-05-31

Terbitan

Bagian

Articles