PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING
Abstrak
ABSTRAK
Revolusi industri 4.0. memicu berbagai inovasi dan perubahan dalam skala besar, yang kemudian hal tersebut menciptakan gangguan atau disrupsi yang spesifik diberbagai sektor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis brand ambassador pada produk Scarlett Whitening, untuk mengetahui dan menganalisis keputusan pembelian pada produk Scarlett Whitening, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan penentuan purposive sampling pada 100 orang responden konsumen Scarlett Whitening yang berjenis kelamin perempuan, yang sudah pernah menggunakan produk Scarlett Whitening minimal 1 x dan mengetahui Song Joong-ki sebagai brand ambassador Scarlett Whitening. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : Brand ambassador pada produk Scarlett Whitening sangat baik. Brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji t) atau secara parsial didapatkan nilai t hitung sebesar 1,984 yang dimana nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 6,900 > 1,984 maka Ha diterima dan H0 ditolak.
ABSTRACT
Industrial revolution 4.0. triggering various innovations and changes on a large scale, which then creates specific disruptions or disruptions in various sectors. The purpose of this research is to find out and analyze the brand ambassador for Scarlett Whitening products, to find out and analyze purchasing decisions for Scarlett Whitening products, to find out and analyze the influence of brand ambassadors on purchasing decisions. The research carried out is a type of associative research. The sampling method used in this research uses nonprobability sampling with purposive sampling of 100 female Scarlett Whitening consumer respondents, who have used Scarlett Whitening products at least once and know Song Joong-ki as the Scarlett Whitening brand ambassador. The results of the
research show that: The brand ambassador for the Scarlett Whitening product is very good. Brand ambassadors influence purchasing decisions. Based on the results of hypothesis testing (t test) or partially, the calculated t value is 1.984, where the calculated t value is greater than the t table, namely 6,900 > 1.984, so Ha is accepted and H0 is rejected.
Referensi
Alimin, E. et al. (2022) Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Thesis Commons.
Amin, A.M. and Yanti, R.F. (2021) ‘Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic’, INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), pp. 1–14.
Annur, C.M. (2020) Roboh Dihantam Disrupsi Digital, Katadata. Available at: https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5f9fa0ccc1555/roboh-dihantam-disrupsi-digital (Accessed: 21 October 2022).
Ansori, M. (2020) Metode penelitian kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press.
Armstrong, G. et al. (2017) Marketing An Introduction. 6th edn. Toronto: Library and Archives Canada Cataloguing.
Astuti, M. and Amanda, A.R. (2020) Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Baskoro, D. (2022) ‘Merawat Kesehatan Kulit di Iklim Tropis, Jangan Lupa Pakai Pelembap’, Kompas, 24 April. Available at: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/24/094849020/merawat-kesehatan-kulit-di-iklim-tropis-jangan-lupa-pakai-pelembap?page=all (Accessed: 19 December 2022).
Compas (2021) ‘Data Produk Kecantikan dan Perawatan Lokal Tahun 2021’.
Dharmmesta, B.S. and Handoko, H.T. (2018) Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. 7th edn. BPFE-YOGYAKARTA.
Farida Yulianti, F. and Lamsah, L. (2019) Buku Manajemen Pemasaran. CV. Budi Utama.
Ferine, K.F. (2022) Determinasi Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Situs Online Shop. Selat Media. Available at: https://books.google.co.id/books?id=gRSfEAAAQBAJ.
Firmansyah, M.A. (2019) PEMASARAN PRODUK DAN MEREK (PLANNING & STRATEGY). 1st edn. CV. PENERBIT QIARA MEDIA.
Gentari, R.E. et al. (2023) ‘Upaya Peningkatan Motivasi dan Kemandirian Perekonomian Pengrajin Tas Melalui Digital Marketing Di Ciboleger Baduy Banten’, Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), pp. 114–120.
Gunawan, D. (2022) Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hafidz (2022) ‘Strategi Media dalam Menghadapi Disrupsi Teknologi Digital’, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 19 April.
Handayani, H. (2021) ‘Pengaruh Metode Pembayaran Dan Mudahnya Transkasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Zalora Online Shopping’, Ug Journal, 15(4).
Herianto, B.M. and Hasbi, I. (2023) ‘Pengaruh Brand Ambassador Dan Social Media Influencer Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Aplikasi Tokopedia Di Bandung Tahun 2022’, eProceedings of Management, 10(1).
Ikhsan (2022) ‘Apa Itu Era Disrupsi? Berikut Dampak serta 5 Contohnya!’, Sasana Digital. Available at: https://sasanadigital.com/apa-itu-era-disrupsi-digital-dan-teknologi/ (Accessed: 4 November 2022).
Indita, H. (2022) ‘Mempertanyakan Maraknya Wajah Korea Sebagai Brand Ambassador Brand Lokal’, CXO Media, 21 March. Available at: https://www.cxomedia.id/general-knowledge/20220321013042-55-174213/mempertanyakan-maraknya-wajah-korea-sebagai-brand-ambassador-brand-lokal (Accessed: 25 December 2022).
IPWIJA, D.S. (2017) BELAJAR MANAJEMEN DIMULAI DARI SINI. Ahlimedia Book. Available at: https://books.google.co.id/books?id=IFWwDwAAQBAJ.
Jackson, A. (2020) Instagram Marketing Mastery: Learn the Ultimate Secrets for Transforming Your Small Business or Personal Brand With the Power of Instagram Advertising for Beginners; Become a Famous Influencer. Aaron Jackson. Available at: https://books.google.co.id/books?id=H8cLEAAAQBAJ.
Jayani (2021) ‘Produk Kesehatan dan Kecantikan Paling Laku Saat Pandemi’, Databoks.Katadata.
Jayani, D.H. (2021) E-Commerce Jadi Pendorong Utama Ekonomi Digital Indonesia pada 2021, Databoks. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/10/e-commerce-jadi-pendorong-utama-ekonomi-digital-indonesia-pada-2021 (Accessed: 14 December 2022).
Joan, V. (2022) ‘Produk Kecantikan Tembus Transaksi Rp210 Miliar, Brand Lokal Terfavorit’, Compas, 24 November. Available at: https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/ (Accessed: 15 December 2022).
Katubi, K. (2020) ‘Analisis Gaya Hidup, Bintang Iklan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Online Shopee (Studi Kasus Dilakukan pada Mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen)’, SMOOTING, 18(3), pp. 203–219.
Kompasiana (2020) ‘Apa Perbedaan Ekonomi Digital dengan Ekonomi Biasa?.’, Kompasiana. Available at: https://www.kompasiana.com/jasanova/5e9fd4e6097f3604b6755a72/apa-perbedaan-ekonomi-digital-dengan-ekonomi-biasa?page=1&page_images=2 (Accessed: 4 November 2022).
Machine Vision Indonesia (2021) Transformasi Digital Apakah Sama Dengan Industri 4.0?Transformasi Digital Apakah Sama Dengan Industri 4.0?, Machine Vision.
Mahliza, F., Nugroho, L. and Putra, Y.M. (2021) ‘The effect of e-wom, brand trust, and brand ambassador on purchase decisions at tokopedia online shopping site’, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1071(1), p. 012017.
Mutiah, T. et al. (2021a) ‘PENGARUH BRAND AMBASADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT DI MAHASISWA UBSI KELAS 44.3 B’, Jurnal Akrab Juara, 6(5), pp. 148–158.
Mutiah, T. et al. (2021b) ‘Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Di Mahasiswa UBSI Kelas 44.3 b’, Jurnal Akrab Juara, 6(5), pp. 148–158.
Purwati, A. and Cahyanti, M.M. (2022) ‘Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian’, IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), pp. 32–46.
Putra, C.I.W. and Nursal, M.F. (2022) Perilaku konsumen. Rena Cipta Mandiri.
Rahmawati (2022) Apa Saja Variabel Penelitian dalam Bidang Marketing ??? (Panduan bagi Peneliti Pemula). Universitas Mulawarman. Available at: https://books.google.co.id/books?id=-3KcEAAAQBAJ.
Rahmi Anjani - wolipop (2021) Song Joong Ki Jadi Brand Ambassador Merek Kosmetik Lokal, Bikin Heboh .
Reina (2022) ‘Perbedaan Skincare dan Make Up serta Strategi Penjualannya’, Koin Works. Available at: https://koinworks.com/blog/perbedaan-skincare-dan-makeup/ (Accessed: 19 December 2022).
Sari, D.C. et al. (2021) Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Sasongko, G.A. and Setyawati, H.A. (2022) ‘Pengaruh Brand Ambassador, Daya Tarik Iklan, dan Product Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Exclusive Matte Lip Cream: Studi pada Masyarakat di Kabupaten Kebumen’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), pp. 488–501.
Satriadi, S. et al. (2021) Manajemen Pemasaran. Samudra Biru.
Sharma, F.C. (2020) Marketing Management by Dr. FC Sharma: SBPD Publications. SBPD Publications.
Siburian, T.P. and Ginting, L. (2013) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian’, Media Informasi Manajemen, 53(9), pp. 1689–1699.
Sinaga, E.K., Matondang, Z. and Sitompul, H. (2019) Statistika: teori dan aplikasi pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sinambela, L.P. and Sinambela, S. (2022) Metodologi Penelitian Kuantitatif. 2nd edn. Depok: PT RajaGrafindo Persada .
Sudarmanto, E. et al. (2021) Desain penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono (2021) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. 3rd edn. Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.
Sumargo, B. (2020) Teknik sampling. Unj press.
Suwahyu, I. (2022) ‘Eksistensi Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), pp. 3902–3910.
Suyono (2018) Analisis Regresi untuk Penelitian. Deepublish.
Tempo (2021) ‘Mengukur Kinerja E-Commerce dari Perspektif Pelaku Usaha Indonesia Selama Pandemi’, Tempo. Available at: https://bisnis.tempo.co/read/1497720/mengukur-kinerja-e-commerce-dari-perspektif-pelaku-usaha-indonesia-selama-pandemi (Accessed: 17 December 2022).
Warsito, C., Solikhin, I. and Farhah, N.U. (2022) Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Terhadap Jasa Ojek Online. 1st edn. CV Literasi Nusantara Abadi.
Welia Anisa (2021) ‘ Setelah Song Joong Ki, Felicya Angelista Kini Gandeng Agnez Mo sebagai Brand Ambasador Produk Kecantikannya’, Patriot Bekasi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.