PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMEN NON SIKLUS SUB SEKTOR PRODUK RUMAH TANGGA TIDAK TAHAN LAMA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2023
Abstract
Pertumbuhan industri di Indonesia dari tahun ke tahun sangat diperhitungkan, terutama di bidang kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Perusahaan pada umumnya mempunyai tujuan untuk memaksimalkan profit, karena karena penting bagi perusahaan untuk memahami perkembangan usaha dari waktu ke waktu. Dengan demikian, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka dengan hasil yang optimal. Indikator yang sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut menggunakan pengukuran struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode regresi berganda yang terdiri dari rasio Struktur Modal yang meliputi DER, Pertumbuhan Perusahaan yang meliputi AG serta Ukuran Perusahaan dengan proksi logaritma natural (LN) total sales. Penelitian ini menggunakan 5 sampel dari 11 populasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan verikatif dengan metode Explanatory Survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal menggunakan DER terbukti berpengaruh secara parsial terhadap profitabilitas, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan ukuran perusahaan terbukti secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara simultan seluruh variabel independent yang terdiri dari Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Profitabilitas.
References
A, Helfert, Erich. (1997). Teknis Analisis Keuangan: Petunjuk Praktik untuk Mengelolah dan Mengukur Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Agus, Riyanto. (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jakarta: EGC.
Astakoni, I. M. P., & Nursiani, N. P. (2020). Efek Intervening Struktur Modal Pada Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, Vol. 11 No 2, 137-147. E-ISSN: 2599-1809.
Brigham, E. F., and Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management. Boston: Cengage.
Bursa Efek Indonesia. (2024). Laporan Keuangan. Idnfinancial. Tersedia di: https://www.idnfinancials.com/id/financial-statements. [Diakses pada 8 November 2024].
Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: ALFABETA.
Halim, Abdul. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep dan Aplikasinya. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Investor Daily. (2018). Industri Kosmetik Nasional. Kemenperin. Tersedia di: https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20. [Diakses pada 22 September 2023].
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ruldianah, R., & Kusumawati, E. (2022). PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, RISIKO BISNIS, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 637-650.
Trisnayanti, I. G. K., & Wiagustini, N. L. P. (2022). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Modal Kerja dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Barang Konsumsi di BEI. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 11 No 06, 1131 – 1150. ISSN : 2302-8912.
Weston, J. Fred dan Thomas E. Copeland. (2010). Managerial Finance. Ninth Edition. Jilid 2. Florida: The Dryden Press HBJ.
Zulfikar. (2016). Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika. Yogyakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.