PENGARUH LIFESTYLE DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING PADA PENGGUNA SMARTPHONE ANDROID YANG BERALIH KE SMARTPHONE IPHONE (PENELITIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR)

Authors

  • Lutfi Gina Biilman Universitas Pakuan
  • Nizam M Andrianto Universitas Pakuan
  • Arie Wibowo Irawan Universitas Pakuan

Abstract

ABSTRAK
Perpindahan merek terjadi kerena beberapa faktor yang diantaranya adalah kebutuhan mencari variasi serta gaya hidup dari konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari faktor lifestyle dan juga variety seeking terhadap perilaku brand switching. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dengan responden mahasiswa Universitas Pakuan. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Rao Purba. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji t lifestyle memiliki nilai signifikansi (0.001 < 0.05) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.307 (positif). Variety seeking memiliki nilai signifikansi (0.000 < 0.05) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.480 (posistif). Berdasarkan hasil uji F lifestyle dan variety seeking secara simultan berpengaruh terhadap brand switching dengan nilai F hitung > F tabel atau 43.135 > 3.09. Lifestyle dan variety seeking memiliki pengaruh sebesar 44,8% terhadap terhadap brand switching pada pengguna smartphone Android yang beralih ke iPhone, sedangkan 55,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

ABSTRACT
Brand switching occurs due to several factors, including variety seeking and lifestyle of the consumers themselves. This study aims to analyze the influence of lifestyle and variety seeking on brand switching behavior. This research is a quantitative research with the type of associative research. With Pakuan University student respondents. The selection of respondents was carried out by purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the calculation of the Rao Ancient formula. Data collection was carried out through questionnaires and data analysis methods using descriptive analysis and multiple linear regression. The results showed that lifestyle has a significance value (0.001 <0.05) with a regression coefficient of 0.307 (positive). Variety seeking has a significance value too (0.000 <0.05) with a regression coefficient of 0.480 (positive). Based on the results of the F test, lifestyle and variety seeking simultaneously influence brand switching with an F count > F table or 43.135 > 3.09. Lifestyle and variety seeking have an influence of 44.8% on brand switching on Android smartphone users who switch to iPhone, while 55.2% are influenced by other factors

References

Adnyana, P. W., & Seminari, N. (2018). Pengaruh Lifestyle, Efek Komunitas dan Fitur Produk terhadap Brand switching Warung Internet ke Wifi ID Corner (Studi pada Wifi Id Corner di Denpasar). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, Vol. 1 No. 2, 158-170.

Akhiri, S., & Endrekson, R. (2021). Pengaruh Faktor Variety seeking Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Konsumen Produk Sepatu Olah Raga Kota Prabumulih. Widyagama National Conference On Economics And Business, 369-380.

Anggreni, P., & Arsana, W. G. (2022). Preferensi Konsumen Terhadap Merek Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi (Studi Perbandingan Smartphone menggunakan IPhone S/IOS dengan Android OS). JUMA: Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 12 No. 1, 111-128.

Arifyantama, R. M., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Reference Group, Variety seeking dan Price Terhadap Perilaku Brand switching (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Beralih Ke Merek Lain di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 3 No. 5 , 1009-1019.

Ayuningtyas, D. (2022) Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. CV. Mitra Cendekia Media. Jakarta

Budiyanto, T., & Utami, E. M. (2021). Pengaruh Lifestyle, Variety seeking, Trust, Dan Promotion Terhadap Brand switching (Studi pada Konsumen Vivo di Purworejo). Volatilitas Universitas Muhammadiyah Purworejo, Vol. 3 No. 3 2021.

Counterpoint. (2022). Global Market Revenue pada Llima Vendor Smartphone di Kuartal III 2021 & 2022. Tersedia di: https://tekno.kompas.com/read/2023/01/02/07000017/apple-raup-pendapatan-tertinggi-untuk-pasar-smartphone-global?page=all

Databox. (2022). Merek Smartphone Paling Favorit di Indonesia tahun 2022. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/08/bukan-iPhone-ini-merek-smartphone-paling-favorit-di-indonesia.

Databox. (2022). Survei Mengenai Alasan Konsumen Menggunakan iPhone dan Menunjukan Sikap Loyal Terhadap Penggunaannya 2022. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/26/apa-yang-membuat-konsumen-setia-pakai-iphone-ini-surveinya

Dwinanto, R. R. Suasana (2018). Kebutuhan Mencari Variasi Memoderasi Pengaruh Kepuasan Pelanggan Smartphone Samsung Terhadap Niat Berpindah Merek Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 7, No. 11, 2018: 6129 – 6155.

Edyansyah, T. et.al. (2022). The Effect Of Psychographic Lifestyle On Purchase Decision Sathanging Café Sin South West Aceh District. JIMEA.Vol.6 No.1.

Febriansyach, M. Y., & Kusasih, R. (2022). Pengaruh Lifestyle, Kualitas Layanan, Tempat dan Variety seeking Terhadap Brand switching Barbershop San. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, dan Entrepreneur, Vol. 2 No 2 Juni 2022, e-ISSN: 2774-2636.

Fintikasari, I., & Ardyan, E. (2018, March). Brand switching Behaviour In The Generation Y: Empirical Studies On Smartphone Users. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol 20 No 1, 23-30.

Ginting, R. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Cirebon: Insania Publishing.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Godstats. (2022). Jumlah Pengguna Smartphone di Indonesia berdasarkan Pulau tahun 2022. Tersedia di: https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-di-indonesia-sT2LA

Huda, N., & Nurchayati. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Ke Yamaha NMAX Di Semarang Selatan. Jurnal Ilmiah UNTAG, Vol 7 No 1, 2302-2752.

Katadata. (2022). Merek Smartphone Paling Favorit di Indonesia 2022. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/08/bukan-iPhone-ini-merek-smartphone-paling-favorit-di-indonesia.

Kompas.com. (2021). Alasan Mengapa Masyarakat Lebih Suka Beli iPhone Tersedia di: https://kompas.com/6-alasan-mengapa-masyarakat-lebih-suka-beli-iPhone-di-tahun-2021?page=all

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing (17th edition). Italy: Pierson Education Limited

Kotler, P., dan G. Armstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Marini, Y. C., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Produk dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Celebrity Endorser MSGLOW. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2461-0593.

Mowen, Jhon C dan Minor, Michael. (2018). Perilaku Konsumen. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Mulyati, V., & Haryanto, D. (2021, Juni). Persepsi Mahasiswa Terhadap Smartphone Apple Sebagai Gaya Hidup. Academia Open, Vol. 04, 2714-7444

Montolalu, I. T. (2018, September). Influence Analysis Of Consumer Dissatisfaction, Need For Finding Product Variation And Competitor Product Advertisement On Brand Exchanging Decition From Facial Cleanser Cleaner At The Supermarket Grand Central Tomohon. Journal Emba, Vol. 6 No. 4, 2178-2187.

Perdana, F. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Ketidakpuasan (Dissatisfaction), Fitur Produk, Dan Gaya Hidup (Lifestyle) Terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Brand switching). Manajemen Pemasaran.

Parlina, T., & Yanti, D. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Pada Pengguna IPhone Di Kota Samarinda Ditinjau Dari Sudut Pandang Konsumsi Monzer Kahf. Borneo Islamic Financeand Economics Journal, Vol. 2 No. 1, 151-165.

Ridwan, & Bustami. (2022). Konsep dan Perancangan Aplikasi: Membangun Aplikasi Mobile Menggunakan Flutter. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Rismaya, S. (2018). Penassgaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Behavior. Psychology Journal, 276–282.

Setiyawan. (2019). Analisa Perilaku Konsumen Brand switching Smartphone. Jurnal Dinamika Dotcom, Vol. 7 No. 2, 131-142.

Septiani,S. & Purwanti, S. (2020) Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching (Suatu Studi Pada Konsumen Toko Elin Kosmetik Yang Berpindah Dari Sariayu Ke Wardah). Business Management and Enterpreneurship Journal. Vol. 2 No.3.

Septiani, & Sodik. (2021). Status Ekonomi Berdampak Terhadap Gaya Hidup Seseorang. Jakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Statcounter. (2022). Penyebab Banyaknya Pengguna Android Banyak Beralih ke IPhone. Tersedia di: https://selular.id/2022/08/penyebab-banyak-pengguna-Android-beralih-ke-iPhone/.

Statcounter. (2022). Mobile Vendor Marketshare Smartphone Pada Pasar Indonesia dan Global Desember 2022. Tersedia di: https://gs.statcounter.com/vendor-market-share/mobile

Downloads

Published

29-01-2024